Tips Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19 Agar Langsung Diterima | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Foto : Istimewa

Tips Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19 Agar Langsung Diterima

Ceknricek--Banyak peminat kartu prakerja. Tak heran, seleksinya cukup 'ketat'. Lantas,bagaimana agar bisa lolos?
Ada beberapa tips khusus supaya Anda bisa langsung diterima pada program kartu prakerja gelombang 19 yang dibuka pada Kamis (26/8/21) . Dijamin Anda akan langsung diterima dan mendapat insentifnya:

1. Buat Akun Menggunakan Alamat Email Profesional
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun di laman website resmi prakerja yaitu www.prakerja.go.id. Tapi sebelumnya, siapkan terlebih dahulu email yang akan Anda gunakan untuk membuat akun prakerja. Buat email yang profesional supaya terlihat bawa itu benar-benar Anda dan terkesan lebih kredibel.
Ciri-ciri email yang profesional adalah tercantum nama Anda dan jangan ada kata atau karakter tambahan lainnya yang tidak perlu. Dengan begitu, maka akun email Anda tidak akan terlihat seperti akun robot.
Admin prakerja bisa curiga jika alamat email menggunakan karakter yang aneh serta bukan nama asli Anda. Mereka akan menganggap Anda sebagai akun robot yang berusaha memanipulasi data dan memanfaatkan program kartu prakerja. Secara otomatis, Anda tidak akan lolos sebagai penerima kartu prakerja. Jadi, kalau sudah begini siapa yang rugi? Tentu Anda sendiri bukan?

2. Menyiapkan Berkas Data Diri
Tips supaya langsung diterima pada kartu prakerja gelombang 19 adalah dengan menyiapkan berkas data diri berupa KTP. Siapkan file foto KTP serta foto Anda yang sedang dalam posisi memegang KTP. Dua berkas berformat gambar (*.jpg atau *.png) tersebut nanti akan Anda unggah untuk melengkapi data diri pada proses selanjutnya.
Alasan mengapa harus menyiapkan terlebih dahulu dua berkas tadi, adalah supaya Anda tidak terlalu berlama-lama di halaman pengisian data diri. Karena apabila terlalu lama, gangguan koneksi sangat mungkin terjadi.
Gangguan jaringan atau koneksi yang sering kali menjadi permasalahan yang sering pendaftar hadapi saat registrasi kartu prakerja. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya peserta yang mengakses website prakerja. Sehingga mengakibatkan website utama menjadi down koneksinya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mempersiapkan berkas data diri berupa foto KTP dan foto memegang KTP sebelum melakukan pendaftaran. Dengan menyiapkan KTP, pengisian data diri juga menjadi lebih cepat.

3. Lakukan Latihan TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Motivasi
Tips daftar kartu prakerja gelombang 19 agar langsung diterima paling jitu salah satunya adalah dengan melakukan latihan tes kemampuan dasar serta motivasi. Tahap ini merupakan salah satu bagian yang bisa dikatakan sangat menentukan keberhasilan Anda.
Tes kemampuan dasar dan motivasi saat proses pengajuan program kartu prakerja berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Jangan anggap sepele tes ini, karena semakin bagus hasilnya, maka semakin besar peluang untuk langsung diterima sebagai penerima program kartu prakerja gelombang 19.Sebelum melakukan pendaftaran, Anda bisa latihan soal-soal mengenai tes kemampuan dasar dan motivasi sesering mungkin. Intensitas latihan yang rutin membuat hasil tes menjadi lebih baik dan membuat peluang untuk lolos menjadi lebih besar.
4. Pendaftaran Kartu Prakerja Saat Malam Hari
Waktu terbaik untuk melakukan cara pendaftaran prakerja gelombang 19 adalah di malam hari. Kenapa? Karena malam hari pengunjung website rata-rata jumlahnya lebih sedikit daripada siang hari. Akses ke website pun lebih lancar dan jaringan tetap stabil. Anda pun bisa terhindar dari gangguan seperti jaringan lemot yang dapat menyebabkan kegagalan registrasi.
5. Jaringan Internet Harus Stabil
Menggunakan jaringan internet cepat dan stabil merupakan tips daftar kartu prakerja gelombang 19 agar langsung diterima. Jadi, pastikan bahwa kecepatan internet stabil saat Anda melakukan proses registrasi hingga tes TKD. Caranya bisa menggunakan layanan wi-fi, atau memakai penyedia internet yang sinyalnya bagus.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait