Wow, Waktu Tunggu Suzuki Jimny Bisa Mencapai 10 Tahun | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Wow, Waktu Tunggu Suzuki Jimny Bisa Mencapai 10 Tahun

Ceknricek.com -- Kesengsem Suzuki Jimny terbaru? Sabar. Inden alias waktu tunggu untuk memiliki mobil itu bisa mencapai empat hingga 10 tahun karena keterbatasan unit yang dikirimkan dari Jepang.

Pernyataan tersebut disampaikan Marketing Director 4 Wheel PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra kepada Antara, di Jakarta, Selasa (11/2).

"Saat ini, rata-rata dealer menerima inden hingga empat tahun, bahkan ada juga yang di beberapa dealer itu sampai dengan 10 tahun untuk Jimny," kata dia.

Saking lamanya waktu tunggu, Suzuki Indonesia untuk sementara menghentikan pemesanan Jimny, karena hanya mendapatkan jatah 40-50 unit sebulan untuk mobil tersebut.

"Sebenarnya bukan distop, tapi agar antrian juga tidak terlalu lama dan semakin panjang, karena ini kan bukan waktu yang sebentar yah," jelas Donny.

Baca Juga: 10.000 Mobil Desa Buatan Indonesia Diborong Orang Terkaya Afrika

Suzuki Indonesia mengklaim telah bernegosiasi dengan principal di Jepang untuk menambah kuota Jimny. Namun, volume yang dikirim tidak berubah, tetap di kisaran 40-50 unit per bulan," tambah dia.

Waktu Tunggu Suzuki Jimny Bisa Mencapai 10 Tahun
Sumber: Antara

Dengan jatah unit yang minim itu, PT SIS harus membagi ke seluruh dealer. "Jika ada dealer yang tidak mendapat unit, nantinya kita akan gilir berikutnya," ucap dia.

Suzuki global dikabarkan menghentikan jatah Jimny untuk pasar Eropa karena regulasi pemerintah terkait standar emisi gas buang kendaraan bermotor pada 2021. Meski demikian, penghentian tersebut tidak memberikan dampak yang positif bagi para pengantri kendaraan di Indonesia.

Spesifikasi unit pasar Eropa berbeda dengan Indonesia, seperti bahan bakar hingga fitur. Sebagai perbandingan, mesin K15B yang digunakan di Indonesia menghasilkan karbon 154 gram CO2 per kilometer, sedangkan standar emisi Eropa yang berlaku pada 2021 hanya 95 gram CO2 per kilometer.

Suzuki Jimny resmi dikenalkan dalam ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Generasi pertama dari mobil ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1979.

Sebagai mobil off-road, Jimny generasi keempat itu berhasil meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di ajang World Car Awards.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait