Foto: thoughtco.com

3 Bahaya Bleaching Rambut Untuk Kesehatan

Ceknricek.com -- Iko Uwais dilarikan ke rumah sakit gara-gara proses pewarnaan rambut alias bleaching. Aktor laga itu diserang sakit kepala hebat hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit di tengah proses syuting. Mengapa bleaching bisa menyebabkan sakit kepala hebat?

Bleaching adalah proses penghilangan pigmen atau zat warna pada rambut dengan menggunakan senyawa kimia hidrogen peroksida (H202). Tidak banyak orang yang ingin melakukan bleaching karena memang berpotensi merusak rambut.

Berikut dampak yang bisa timbul akibat bleaching rambut terlalu lama seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Kepala pusing

Merasakan sensasi kepala pusing saat bleaching atau usai mengecat rambut terjadi karena reaksi alergi terhadap senyawa kimia bernama paraphenylenediamine (PPD).

Timbulnya iritasi hingga kanker

Dikutip dari hellosehat.com, beberapa penelitian menjelaskan paparan terhadap bahan kimiawi selama proses bleaching dikaitkan dengan beberapa penyakit di antaranya leukemia, limfoma hingga kanker kandung kemih.

Rambut rontok

Bleaching dapat menyebabkan rambut jadi mudah rapuh dan patah. Ini terjadi bila proses bleaching dilakukan terlalu sering. Apalagi jika proses bleaching dilakukan dengan tidak benar, seperti menggunakan konsentrasi krim yang terlalu tinggi.



Berita Terkait