38.878 Warga Mengungsi Akibat Banjir di Subang, Jawa Barat | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Kemensos

38.878 Warga Mengungsi Akibat Banjir di Subang, Jawa Barat

Ceknricek.com -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang melaporkan pengungsi korban banjir dalam beberapa hari terakhir di wilayah Subang dan sekitarnya telah mencapai 38.878 orang.

Berdasarkan siaran pers tertulis yang diterima Antara, Rabu  (10/2/21) rumah yang terendam banjir sebanyak 21.574 unit tersebar di 21 kecamatan sekitar Subang.

Puluhan ribu jiwa korban banjir itu kini mengungsi di masjid-masjid, kantor pemerintahan, tenda pengungsian, dan lain-lain. Bahkan banyak dari korban banjir itu yang mengungsi di kolong Jembatan Layang Pamanukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang Hidayat membenarkan banjir di Subang dan sekitarnya telah merendam 21.574 rumah.

Selain itu, ungkap Hidayat, banjir juga merendam tambak ikan seluas 3.093 hektare, sawah 19.021 hektare, dan jalan sepanjang 16 kilometer.

Kerugian bencana banjir yang menimpa 120 desa/kelurahan di 21 kecamatan sekitar Subang sampai dengan Selasa (9/2) diperkirakan sebesar Rp7,8 miliar, sebut Hidayat.

Untuk diketahui, banjir melanda Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu pada Minggu (7/2/21) lalu. Hingga hari ini, Rabu (12/2/21) Taruna Siaga Bencana (Tagana) masih terus bergerak membantu warga terdampak banjir.

Bencana banjir di wilayah Subang sendiri di antaranya terjadi di Kecamatan Subang, Pagaden, Cibogo, Cipunagara, Compreng, Tambakdahan, dan Kecamatan Pamanukan.

Kecamatan lainnya yang diterjang banjir ialah Kecamatan Dawuan, Sukasari, Legonkulon, Pusakajaya, Pusakanegara, Ciasem, Blanakan, Patokbeusi, Pabuaran, Cipeundeuy dan Kecamatan Kalijati.

Baca juga: 8.648 Orang Mengungsi Akibat Banjir di Karawang

Baca juga: Puluhan Warga Mengungsi akibat Banjir di Kota Singkawang



Berita Terkait