4 Perawatan Alami untuk Mengatasi Wajah Kusam | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

4 Perawatan Alami untuk Mengatasi Wajah Kusam

Ceknricek.com -- Wajah kusam adalah masalah umum yang sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Faktor-faktor seperti polusi udara, kurang tidur, stres, pola makan yang tidak sehat, dan usia dapat menjadi penyebab penurunan regenerasi sel-sel hingga penting menerapkan perawatan alami untuk mengatasi wajah kusam.

Bukannya tanpa alasan, bahan alami sendiri dikenal ampuh sebagai skincare rumahan yang sering mendapat klaim tanpa efek samping. Meski hasilnya tidak instan, tetapi penggunaan bahan alami juga menunjukkan manfaat yang efektif dalam mencerahkan kulit.

Jika ingin mendapatkan kulit cerah bersinar tanpa efek samping, terapkan empat perawatan alami untuk mengatasi wajah kusam berikut ini.

1. Lemon

Perawatan alami untuk wajah kusam yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan lemon. Sifat anti-oksidan dan anti-pigmentasi lemon membuat kulit bersinar dan terlihat sehat. Selain itu, vitamin C dan asam askorbat dalam lemon juga akan membantu mencerahkan kulit.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air perasan lemon untuk merendam kapas. Kemudian tempelkan kapas tersebut pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Idealnya, kamu bisa lakukan perawatan ini dua kali seminggu. Namun, perlu diingat untuk mencuci lemon terlebih dahulu karena ada risiko sensasi terbakar bagi sebagian orang dengan kulit sensitif.

2. Yogurt dan madu

Yogurt dan madu dipercaya dapat menjaga kekenyalan kulit, melembapkan, memberi efek lembut, dan menghilangkan tampilan kusam. Khusus untuk yogurt, ada tambahan manfaat untuk mengatasi flek hitam dan hiperpigmentasi berkat tirosinase dan kandungan L-sistein.

Kali ini kamu cukum mencampurkan yogurt dan lemon sebagai masker wajah. Setelah dioleskan, diamkan selama 10-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. . Sebagai saran tambahan, sebaiknya gunakan yogurt plain untuk hasil maksimal dan menghindari risiko gatal atau rasa lengket pada kulit.

3. Kopi

Bukan hanya bisa diminum, ternyata kopi juga bisa menjadi rahasia kulit bercahaya karena dapat membantu mencegah penumpukan sel kulit mati di lapisan luar kulit yang menyumbat pori-pori. Penggunaan scrub wajah berbahan dasar kopi akan membuat lapisan kulit menjadi segar dan tampak lebih halus serta sehat.

Kandungan antioksidan dalam kopi juga akan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Lakukan eksfoliasi kopi dua kali seminggu dengan menyampurkan kopi bubuk dengan minyak kelapa. Setelah selesai, kamu bisa mengoleskan pelembab wajah untuk segera mengunci kelembapan dan melindungi sel kulit.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa menjadi ‘sahabat’ terbaik untu kulit. Tirosinase dari gel lidah buaya akan membantu mengurangi hiperpigmentasi sekaligus menyehatkan kulit.

Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya langsung ke wajah tanpa campuran apa pun. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air.

Mengatasi wajah kusam memerlukan kesabaran dan konsistensi. Dengan menerapkan keempat perawatan alami untuk mengatasi wajah kusam di atas, dijamin kulit akan semakin bersinar dan sehat tanpa efek samping. jika keempat perawatan tersebut memicu alergi pada kulit sensitih, kamu bisa menggantinya dengan bahan alami lainnya.

Misalnya, penggunaan masker dari ketimun atau lidah buaya yang dikenal memiliki khasiat mendinginkan dan melembutkan kulit. Selain perawatan wajah, penting juga untuk rutin mencuci dan membersihkan muka setiap hari.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait