Foto : NBC News

5 Fakta Menarik di Balik Krisis Venezuela

Ceknricek.com - Pemadaman listrik besar-besaran masih terjadi di Venezuela. Menurut saksi dan laporan via media sosial, suplai listrik di sebagian besar wilayah Venezuela telah pulih, Selasa (12/3) waktu setempat. Namun, hingga Rabu (13/3), ibu kota Caracas dan wilayah barat negara itu, tepatnya dekat perbatasan Kolombia, masih gelap gulita. Reuters melaporkan, kondisi tersebut membuat kebanyakan rumah sakit berjuang untuk tetap mengoperasikan peralatan dan perlengkapan mereka. 

Permasalahan yang timbul di Venezuela merupakan pengalaman krisis terparah di Amerika, karena hiperinflasi, kelaparan, wabah penyakit, tindak kriminal, tingkat kekerasan yang tinggi, dan pemboyongan aset negara. Para pengamat dan ahli ekonomi mengeluarkan pernyataan, krisis tersebut bukanlah hasil dari sebuah konflik atau kerusakan alami, tapi merupakan konsekuensi dari kebijakan yang bermula di bawah pemerintahan Presiden Hugo Chávez (1999-2013).

Foto : VOA Indoneisa

Kebijakan ekonomi yang dinilai kontroversial terutama menyangkut Undang-undang Reformasi kepemilikan tanah, di antaranya memberi kekuasaan pada pemerintah untuk mengambil alih perusahaan-perusahaan real estate yang luas dan tanah-tanah pertanian yang dianggap kurang produktif mengundang protes jutaan orang di ibu kota, Caracas (11 Desember 2001). Mata uang Bolivar jatuh terpuruk 25% terhadap dolar AS setelah pemerintah menghapuskan kontrol terhadap nilai tukar uang yang sudah dipertahankan lima tahun.

Hiper inflasi terus berlanjut. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan hiperinflasi perekonomian Venezuela diperkirakan mencapai 1,4 juta persen, dan meroket hingga 10 juta persen pada 2019. 

Terlepas dari semua krisis yang melanda, setidaknya ada 5  fakta menarik tentang Venezuela yang perlu diketahui.

  1. Venezuela adalah negara indah dengan banyak objek wisata alam yang patut diacungi jempol. Bahkan salah satu objek wisatanya, Angel Falls, digunakan sebagai inspirasi film Up yang dinamai Paradise Falls.

Sumber : TandaPagar.com

  1. Di Venezuela, ada banyak bangunan berasitektur yang menyimpan sejarah. Masing-masing bangunan memiliki latar belakang tersendiri. Semua bangunan menghadirkan cerita masa lalunya masing-masing. 

Sumber : Nopita99.blogspot

  1. Sastra Venezuela berkembang setelah penaklukan Spanyol atas masyarakat pribumi yang sebagian besar sudah melek huruf. Beberapa nama penulis dan novelis berasal dari sana, seperti Rómulo Gallegos, Teresa de la Parra, Arturo Uslar Pietri, Adriano González León, Miguel Otero Silva, and Mariano Picón Salas.

Sumber : Venezuelatuya.com

  1. Venezuela kaya minyak. Negara itu terbukti memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. 95% pemasukannya berasal dari ekspor minyak. Sehingga saat harga minyak sedang tinggi, pemasukan negara sangat besar dan begitu sebaliknya. 

Sumber : BBC

  1. Venezuela dianggap sebagai salah satu dari 17 negara megadiversitas di dunia. Negara megadiversitas adalah negara-negara yang memiliki keanekaragaman hayati di dunia. Sekelompok negara-negara ini menampung sebagian besar khazanah spesies yang ada di muka bumi, karena itu dianggap sangat kaya akan keanekaragaman hayati.

 Sumber : Wikipedia



Berita Terkait