Sumber: Pixabay

5 Fakta San Marino, Republik Tertua di Dunia

Ceknricek.com -- Bagi para traveller nama negara San Marino mungkin sudah tidak asing di telinga. Salah satu negara terkecil di dunia itu, selain tercatat sebagai negara republik tertua pertama, juga merupakan kota indah dengan bangunan-bangunannya yang unik.

Negara yang namanya sama dengan pendirinya, Santo Marinus ini terletak di semenanjung Italia dan memiliki potensi wisata yang tinggi sehingga banyak mendatangkan wisatawan dari berbagai negara.

Tak cuma itu. Negara seluas 61 km persegi ini juga memiliki keunikan lain yang membuatnya terkenal di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 fakta tentang San Marino.

Salah satu Negara Terkecil di Dunia

Sumber: Istimewa

Secara geografis, San Marino memiliki luas sekitar 61 kilometer persegi dan menjadikannya sebagai negara terkecil kelima, setelah Monako dan Vatikan. Negara yang memiliki populasi sekitar 33.559 jiwa itu dikelilingi oleh Italia. Di sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Rimini, daerah Emilia-Romamgna, serta di sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

Negara Pertama yang Merdeka di Dunia

Statuta Decrata. Sumber: Europana Collections

Pernahkah kita berpikir negara mana sebenarnya yang pertama kali merdeka di dunia? Salah satu jawaban yang akan kita temukan kemungkinan adalah San Marino. Kenapa? Negara yang dikenal sebagai republik tertua di dunia ini mendapatkan kemerdekaannya dari kekaisaran Romawi pada 3 September 301 Masehi. 

Pada 8 Oktober 1600 negara ini mengeluarkan undang-undang resmi yang tercantum di dalam 6 kitab berjudul "Statuta Decreta ac Ordinamenta Illustris Reipublicae ac Perpetuae Libertatis Terrae Sancti Marini" yang kemudian dipakai oleh berbagai negara untuk bahan rujukan dan konsep pembentukan negara di dunia.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Santo Marinus Mendirikan Negara Republik San Marino

Negara dengan Layanan Pos Pertama di Dunia

Perangko san Marino. Sumber: Hipe Stamp

Pada tahun 1607, layanan pos di negara tersebut dibuka untuk semua penduduk. Pada tahun 1877, prangko pertama negara tersebut dikeluarkan.  Sejak saat itu, prangko San Marino menjadi salah satu warisan budaya dan sejarah negara tersebut. Karena terbatasnya produksi prangko di sana, banyak filatelis yang memiliki daya tarik besar terhadap prangko ini selama ratusan tahun.

Negara Dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Sumber: World Atlas

Berada di daerah pegunungan, San Marino memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Negeri memiliki keunikan karena tidak adanya tanah datar, dan 100 persen datarannya berada di atas pegunungan.

Jika hari cerah, dari atas San Marino terlihat jalanan yang menuju ke Kroasia. Dari puncak tertinggi di San Marino, Gunung Titano juga akan melihat tiga menara. Yakni, menara Guaita, Cesta, dan Montale yang menyajikan pemandangan kota yang indah.

Negara yang Tidak memiliki Bandara 

Sumber: Tribunnews

San Marino ternyata tidak memiliki bandara. Negara tersebut hanya memiliki sebuah landasan helikopter yang terletak di Borgo Maggiore.

Jika ingin berkunjung ke sana, bandara yang terdekat berada di kota Rimini, Italia, yaitu Bandara Internasional Federico Fellini.

BACA JUGA: Cek SENI & BUDAYA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait