Kota Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Irak Utara | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Kota Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Irak Utara

Ceknricek.com -- Para arkeolog telah menemukan sebuah kota kuno yang berasal dari Kekaisaran Mittani sekitar 3.400 tahun yang lalu di Sungai Tigris di provinsi Duhok, Irak.

"Kami menemukan kota kuno berusia 3.400 tahun di distrik Semel Duhok yang berasal dari periode Mittani," kata Bekes Birifkani, direktur artefak sejarah dan budaya di provinsi Duhok, kepada wartawan, Senin (30/5/22).

Dia mencontohkan kawasan itu dulunya berpenghuni hingga 1985, sebelum Bendungan Mosul dibangun pada 1990 dan membiarkan kawasan itu terendam air. Dengan lebih dari 2.000 situs bersejarah telah ditemukan di kota sejauh ini, Birifkani mengatakan penggalian tahun ini juga memberikan hasil penting.

"Meskipun ribuan tahun telah berlalu, tembok dan strukturnya yang tingginya beberapa meter belum hancur," katanya.

Hassan Ahmed, kepala Badan Perlindungan Warisan Budaya Pemerintah Daerah Kurdistan Irak utara (KRG), mengatakan telah mengintensifkan pekerjaan sejak awal tahun karena surutnya air dari Sungai Tigris.

"Kami melakukan penggalian di sini dengan bantuan universitas Tubingen dan Freiburg Jerman. Ada banyak sisa bangunan di kota kuno ini dari periode Kekaisaran Mittani. Kota kuno yang kami temukan bernama Zahiko," ucap dia.

"Meskipun ribuan tahun, tembok dan bangunan setinggi beberapa meter belum hancur."

Baca juga: Kuil Kuno Dewa Zeus-Kaios Peninggalan Romawi Ditemukan di Mesir

Baca juga: Fasilitas Distribusi Gandum Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Mesir


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait