Foto: femalemag.com

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak

Ceknricek.com -- Kulit berminyak menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum dialami banyak perempuan. Jenis kulit ini lebih rentan kusam dan berjerawat.

Ada banyak faktor penyebab kulit berminyak, di antaranya dari genetik hingga gaya hidup yang tidak teratur. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan karena akan semakin memicu kulit jadi lebih berminyak.

Jangan mengaplikasikan make up tebal

Buat pemilik kulit berminyak lebih baik tidak mengaplikasikan make up tebal, karena dapat menyebabkan produksi sebum berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada fondasi kulit. Disarankan untuk menggunakan make up tipis pada wajah Anda.

Jangan tidur dengan make up

Menggunakan make up akan menutupi pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Maka dari itu, pemilik kulit berminyak sangat tidak disarankan tidur dengan make up yang masih menempel di wajah. Jangan malas untuk membersihkan wajah bila Anda sudah berada di rumah.

Jangan memakai toner yang keras

Fungsi toner adalah untuk menyeimbangkan pH kulit. Dan memakai toner dapat membantu menghilangkan minyak yang berlebih. Namun jangan memakai toner yang mengandung bahan-bahan keras karena dapat membuat kulit jadi iritasi.

Jangan melewatkan minum air putih

Untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dibutuhkan banyak asupan air putih. Khususnya bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Jangan melewatkan minum air putih yang akan membuat kulit tetap sehat dan segar. Selain itu, minum air putih dapat membantu mencegah kulit dari produksi sebum yang berlebih.

Jangan lewatkan perawatan eksfoliasi kulit

Kulit berminyak justru membutuhkan perawatan kulit seperti eksfoliasi yang bermanfaat untuk menghilangkan sebum berlebih, sel kulit mati hingga kotoran yang berada di lapisan dalam kulit. Pakailah scrub yang cocok untuk kulit berminyak lakukan secara rutin.



Berita Terkait