Sumber: mentaritravelservices.com

5 Keindahan Danau Toba yang Lebih Luas Dari Singapura

Ceknricek.com -- Indonesia punya beragam keindahan alam luar biasa yang tidak dimiliki negara-negara lain, salah satunya Danau Toba.

Danau yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara itu luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi. Inilah danau terluas se-Asia Tenggara, dan bahkan luasnya lebih besar dari negara Singapura (716 kilometer persegi. Danau Toba juga tercatat sebagai danau terluas di dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, dan masuk dalam daftar Guinness World Records).

Latar belakang Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang memuntahkan 2.800 km kubik material letusan, sehingga membuat kawah yang lambat laun dipenuhi air menjadi danau.

5 Keindahan Danau Toba yang Lebih Luas Dari Singapura
Sumber: pegipegi.com

Di tengah Danau Toba terdapat pulau bernama Samosir. Pulau tersebut memiliki beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun.

Pulau Samosir dan Danau Toba adalah jantung dan kampung halaman dari Suku Batak. Anda juga bisa merasakan keramahan penduduk desa setempat sekaligus mengetahui kebudayaan mereka.

Jika kebetulan berwisata ke Danau Toba, Anda bisa mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-Adong, berkunjung ke situs-situs bersejarah (Makam Raja Sidabutar), melihat masyarakat lokal menanam padi, dan melihat rumah-rumah penduduk dengan Gorga Batak.

Berikut lima tempat yang wajib Anda lakukan selama berada di sana.

Mengelilingi pulau Samosir

5 Keindahan Danau Toba yang Lebih Luas Dari Singapura
Sumber: Pegipegi.com

Mengelilingi pulau Samosir Anda akan melihat pemandangan beragam, mulai dari gereja tua, julangan gunung yang berpadu dengan air danau, hingga keseharian penduduk lokal.

Perkampungan adat Batak

5 Keindahan Danau Toba yang Lebih Luas Dari Singapura
Sumber: Traverse.id

Perkampungan adat Batak tak kalah menariknya. Melihat berbagai macam rumah khas Sumatera Utara tepatnya di dekat Ambarita bisa menjadi destinasi wisata. Di sini bisa ditemukan benda-benda bermaterial batu yang tak lapuk dimakan usia. Tempat ini juga banyak kisah sejarah kuno yang sarat akan kanibalisme. 

Makam Raja Sidabutar