9 Cara Memanfaatkan Halaman Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

9 Cara Memanfaatkan Halaman Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik

Ceknricek.com -- Kamu bosan berada di dalam rumah? Mau keluar tapi bingung pergi ke mana? Salah satu hal yang bisa dipelajari saat masa karantina adalah, bagaimana halaman depan menjadi hal yang penting selama menghabiskan waktu di rumah aja.

Halaman depan dapat menarik perhatian jika memiliki tampilan simple tapi nyaman. Alangkah baiknya juga dibarengi dengan merapikan halaman belakang, teras, atau bahkan balkon mini di apartemen untuk memberi kesempatan dirimu menikmati alam luar yang menyenangkan.

Kira-kira apa saja yang harus kamu lakukan, agar teras atau halaman depan terlihat nyaman dan menyenangkan? Berikut 9 cara untuk meningkatkan ruang luar teras agar terlihat nyaman, menarik dan menyenangkan!

1. Buat zona yang berbeda

Jika kamu memiliki banyak luar ruang untuk bekerja kamu bisa membuat zona yang berbeda. Sama seperti yang dilakukan di dalam rumah. Buatlah daftar tentang apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan seperti, ruang makan, dapur luar ruangan atau zona lounge?

Hal tersebut dapat dicapai dengan menggabungkan tanaman, semak, furniture dan karpet permadani luar ruangan untuk menentukan zona yang diinginkan.

2. Pikirkan kembali ruang garasi

Jika kamu tinggal di pinggiran kota tertentu dan mungkin tidak memiliki kehidupan malam terlalu ramai. Kamu bisa mengubah garasi menjadi "GarBar". Ini adalah cara sempurna untuk menampilkan dekorasi dan pernak-pernik acak yang tidak memiliki tempat dekorasi dalam rumah. Ditambah lagi sebagian besar garasi memiliki akses mudah untuk menuju kulkas.

3. Buat kotak penanam

Memanfaatkan Halaman Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik
Sumber: Istimewa

Kamu tidak perlu repot untuk membuat ruang taman yang penuh untuk menikmati rempah segar, buah-buahan, sayuran atau tanaman hijau. Cukup dengan mengebor kotak tanaman kecil ke pagar yang ada atau bisa menggunakan kotak tanaman gantung dijepitkan ke bagian atas pagar.

4. Temukan barang serbaguna

Jika kamu tidak memiliki ruang untuk menyimpan tempat duduk luar ruangan yang besar untuk tamu. Kamu dapat menggunakan bantal lantai yang bisa ditaruh di dalam maupun luar ruangan.

Tentu kamu akan menyukai bagaimana bantal itu akan memberikan rasa nyaman dan cocok dengan gaya apapun. Atau bisa juga berkreasi dengan bangku ottoman luar ruangan yang digunakan sebagai tempat duduk dan penyimpanan.

5. Siapkan partisi privasi

Jika kamu menikmati kebersamaan dengan tetangga, sesekali kamu pasti ingin memiliki hal privasi, bukan? Nah, solusinya adalah gunakan partisi privasi portable, tidak hanya mendapatkan ruang privasi tetapi juga dapat menambah sentuhan dekoratif yang funky.

6. Tambahkan warna segar (pop colour)

Memanfaatkan Halaman Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik
Sumber: Istimewa

Memasukkan warna adalah cara cepat untuk menyegarkan ruangan. Jika menginginkan ruangan yang tenang, gunakan warna biru.

Untuk pop musim panas, gunakan warna orange dan hijau yang menawarkan palet musim panas yang canggih dan getaran liburan. Berbicara tentang warna, lihat dahulu apakah teras perlu pengamplasan dan lapisan cat baru sebelum kamu mencabut semua perabotan luar ruangan.

7. Tambahkan lampu kelap-kelip

Lampu senar sangat populer untuk pilihan pencahayaan di atas kepala. Lentera dan lilin adalah cara murah yang bagus untuk membuat ruang luar terasa nyaman. Lilin LED dapat meniru tampilan lilin api sungguhan.

Memanfaatkan Halaman Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik
Sumber: Istimewa

Jika kamu memiliki ruang luar yang tertutup, scone dan lampu gantung luar ruangan menciptakan cahaya sekitar menarik dan terlihat hangat.

Namun jika kamu memutuskan untuk menggunakan lentera kertas, saran yang terbaik adalah tidak menggunakan lentera tersebut saat musim hujan karena tidak tahan air. Atau gunakan sebagai tampilan sementara jika ingin membuat efek khusus tamu.

8. Buat beberapa tempat teduh

Sinar matahari dapat dengan mudah membuat kamu kepanasan dan itu tidak baik untuk kulit. Oleh karena itu gunakan payung luar ruangan untuk menciptakan keteduhan yang terhindar dari sinar matahari.

Jika kamu memiliki ruang luar cukup luas, pertimbangkan untuk membuat DIY dengan beberapa kain luar ruangan, dan beberapa tiang kayu tipis untuk memaku tenda.

9. Tambahkan lubang api

Pertahankan suasana good vibes di luar ruangan setelah matahari terbenam dengan bantuan lubang perapian yang nyaman. Pilihlah tenaga gas, dengan cukup menekan tombol dengan mudah, atau bagi kamu yang ingin tampilan pedesaan, pilihlah pembakaran kayu yang dapat mengeluarkan bau kayu. Kedua jenis pilihan tersebut sangat cocok dipadukan untuk ruang luar.

Itulah dekorasi yang bisa kamu tambahkan, jika kamu menginginkan luar ruangan terasa nyaman untuk santai. Tentu kamu bisa memilih dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan luar ruangan dan membuat teras tersebut menjadi lebih menarik.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait