Foto : Investopedia

Adam Smith, Pelopor Sistem Ekonomi Kapitalis

Ceknricek.com -- Hari ini 17 Juni 1790 silam, dunia kehilangan seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Dia adalah John Adam Smith yang lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723. Smith meninggal di Edinburgh, Skotlandia, pada umur 67 tahun.

Smith terkenal lewat karyanya dalam buku "An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations" (The Wealth of Nations) yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. 

Pendidikan

Pada umur 13, Smith memasuki Universitas Glasgow, dimana dia belajar filosofi moral di bawah bimbingan Francis Hutcheson. Di sini, Smith mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat.

Tahun 1740, Smith dianugerahi "Snell Exhibition" dan memasuki Kampus Balliol, Oxford, tetapi seperti William Robert Scott katakan, "Universitas Oxford dalam masanya memberikan sedikit jika bantuan mana pun yang diberikan apa yang harusnya merupakan kerja seumur hidupnya." Smith meninggalkan universitas itu tahun 1746.

Sumber : Istimewa

Tahun 1748, Smith kembali memulai studinya di Edinburgh dengan bimbingan Lord Kames. Sekitar tahun 1750 dia bertemu filsuf David Hume, yang merupakan seniornya terpaut sepuluh tahun. Hubungan dan kesamaan opini yang dapat ditemukan dalam detail dari tulisan mereka mencakup sejarah, politik, filosofi, ekonomi, dan agama menandakan bahwa mereka berdua memiliki persamaan intelektual yang dekat dan bersahabat dibanding orang lain yang mana akan memerankan peran penting selama perkuliahan di Edinburgh.

Tahun 1751, Smith ditunjuk sebagai ketua dewan logika di Universitas Glasgow. Setahin kemudian Smith dipindahkan ke Dewan filosofi moral Glasgow.

Di tahun 1759, Smith menerbitkan Teori dari Sentimen Moral, memasukan sebagian kuliahnya di Glasgow. Karya ini yang membangun reputasi Smith masa itu, menjelaskan bagaimana komunikasi manusia bergantung pada simpati antara agen dan penonton (sang individual dan anggota masyarakat yang lain).

Buku "The Wealth of Nations"

Pada 9 Maret 1776, Smith merilis buku yang memiliki dampak global dengan judul "An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations" (The Wealth of Nations) dimana buku ini sedikit banyak menjungkirbalikkan sistem merkantilisme.

Sumber : Audiobookstore

Sistem merkantilisme adalah percaya bahwa kekayaan itu bersifat tetap dan terbatas, dimana satu-satunya cara untuk makmur adalah dengan menimbun emas dan tarif produk dari luar negeri.

Menurut teori ini, negara-negara harus menjual barang-barang mereka ke negara lain, namun tidak membeli apa pun sebagai imbalan. Bisa ditebak, negara jatuh ke putaran tarif pembalasan yang menghambat ekonomi dan perdagangan internasional.

Inti dari tesis Smith adalah bahwa kecenderungan alami manusia terhadap kepentingan diri sendiri menghasilkan kemakmuran.