Foto: twitter @AFCAjax

Ajax Sukses Juara Eredivisie Liga Belanda  

Ceknricek.com -- Ajax Amsterdam sukses menjuarai Eredivisie Liga Belanda. Ajax memastikan gelar tersebut setelah mengalahkan De Graafschap dengan skor 4-1. Laga berlansung di markas De Graafschap, Stadion De Vijveberg, Doentinchem, Belanda, Kamis (16/5) dini hari waktu Indonesia.

Ajax yang bermain sebagai tamu sudah lebih mendominasi tuan rumah De Graafschap. Mereka membuka peluang pada menit ke-20. Daley Blind melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, tendangan Blind masih bisa dimentahkan oleh kiper De Graafschap, Nigel Bertrams.

Tujuh menit berselang Ajax kembali mengancam, kali ini melalui Frenkie De Jong. Pemain yang baru saja memutuskan berlabuh ke Barcelona ini melepaskan tendangan jarak dekat yang juga masih bisa diantisipasi oleh Nigel Bertrams.

Foto: twitter @AFCAjax

Ajax benar-benar membuka keunggulan di menit ke-36. Berawal dari pelanggaran Van Mieghem kepada Daley Blind yang membuat wasit memberikan hadiah tendangan bebas. Lesse Schone yang menjadi eksekutor sukses merobek gawang De Graafschap. 1-0 sementara Ajax unggul.

Keunggulan Ajax hanya bertahan tiga menit. Pada menit ke-39, De Graafschap berhasil menyamakan kedudukan melalui Youssef El Jebli yang sukses menaklukan kiper Ajax, Andre Onana setelah sebelumnya menerima umpan terukur Nabil Bahoui.

Foto: twitter @AFCAjax

Kedudukan imbang ini juga hanya bertahan lima menit. Menit ke-44 Ajax kembali mencetak gol. Berawal dari skill individu Hakim Ziyech yang mampu melewati beberapa pemain De Graafschap. Ziyech kemudian melepaskan umpan terukur kepada Nicolas Tagliafico yang dengan mudah menceploskan bola. Babak ditutup dengan keunggulan Ajax 2-1 atas tuan rumah De Graafschap.

Kedudukan hampir saja disamakan kembali di awal babak kedua. Kesalahan bek sekaligus kapten Ajax. Kesalahan De Ligt justru membuat bola jatuh di kaki Van Mieghem. Mieghem langsung melepaskan tembakan yang beruntung masih dapat diamankan oleh Andre Onana.

Foto: twitter @AFCAjax

Ajax yang butuh kemenangan untuk mengunci gelar juara berhasil menambah dua gol melalui Dusan Tadic. Pada menit ke-67 Tadic sukses mengeksekusi penalti ke gawang De Graafschap.

Sedangkan di menit ke-86, Tadic yang melakukan solorun sukses mengelabui bek saya De Graafschap sebelum melepaskan tembakan kaki kiri keras yang menghujam gawang Nigel Betrame. Kedudukan berubah menjadi 4-1 bagi Ajax. Skor tetap tidak berubah hingga peluit babak kedua dibunyikan.

Foto: twitter @AFCAjax

Dengan hasil ini Ajax dipastikan menjuarai Eredivisie Liga Belanda. Ajax memuncaki klasemen Liga Belanda dengan perolehan 86 poin. Ajax unggul dari pesaing terdekatnya PSV Eindhoven yang berada di peringkat kedua dengan perolehan 83 poin.

Gelar ini juga berarti Ajax meraih Double Winner di musim ini setelah sebelumnya Ajax menjuarai Piala Belanda. Dengan hasil ini juga berarti Ajax memastikan gelar juara ke-34 di Liga Belanda.



Berita Terkait