Foto: Pemprov DKI Jakarta

Ancol Lepasliarkan 10 Burung Jalak Suren Asli Jakarta

Ceknricek.com -- PT Pembangunan Jaya Ancol, melepasliarkan 10 ekor burung Jalak Suren di kawasan Ocean Dream Samudra. Kegiatan ini diharapkan dapat menjaga ekosistem jenis burung tersebut.

Vice President Sea World and Ocean Dream Samudera, Rika Sudranto mengatakan, dari 10 ekor burung Jalak Suren yang dilepas, lima di antaranya berusia enam bulan dan sisanya lebih dari tujuh bulan. 

"Jalak Suren ini merupakan burung asli Jakarta setelah Elang Bondol. Burung ini habitatnya paling banyak di utara Jakarta. Jadi kita lepasliarkan di sini," ujar Rika, Kamis (14/11).  

Rika mengungkapkan, burung ini merupakan hasil penangkaran dari Ancol selama beberapa tahun belakangan. Menurutnya, pelepasan burung ini merupakan bentuk nyata Ancol dalam melestarikan binatang serta lingkungan.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dan habitat satwa di Jakarta," katanya.

Baca Juga: Masjid Apung Ancol Dirancang Jadi Ikon Baru Jakarta

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta juga melepasliarkan 55 burung Kutilang di kawasan konservasi Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan.

Menurut Darjamuni, Kepala Dinas KPKP Kepulauan Seribu, kegiatan tersebut sebagai langkah awal pelaksanaan penyusunan master plan Pulau Tidung Kecil sebagai Pusat Informasi dan Edukasi Konservasi Laut yang dilaksanakan melalui swakelola.

"Harapannya, akan lebih banyak lagi jenis burung yang bisa kita lepasliarkan disini termasuk penanaman berbagai jenis tanaman lainnya," tandasnya.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait