Anies Baswedan: Kalahkan Pandemi Adalah Tantangan Dunia Jurnalistik | Cek&Ricek
Foto: Dok.Ceknricek.com

Anies Baswedan: Kalahkan Pandemi Adalah Tantangan Dunia Jurnalistik

Ceknricek.com -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa tantangan dalam mengalahkan pandemi Covid-19 adalah panggilan sejarah bagi dunia jurnalistik. Hal itu dia ungkapkan pada Konvensi Nasional Media Massa dalam menyambut Hari Pers Nasional 2021.

"Semua tokoh perjuangan kemerdekaan adalah penulis, intelektual di masanya, semua gagasaan disampaikan dalam bentuk tulisan yang menyebar ke semua wilayah Indonesia, hingga akhirnya merdeka," kata Anies, Senin (8/2/21).

Menurut Anies, tantangan dunia jurnalistik kiwari bukanlah kolonialisme namun mengalahkan penyebaran virus. Menurut dia, virus Covid-19 jangan dilihat sebagai peristiwa yang terjadi dalam waktu singkat, tapi sebagai peristiwa yang akan dikenang sepanjang sejarah.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI TANTOWI YAHYA

"Dan ini adalah panggilan sejarah bagi dunia jurnalistik, dan pers di Indonesia, Insya Allah panggilan ini akan dijawab dengan peran yang akan membuat kita segera bangkit," imbuh Anies.

Menurut Anies, peran masing-masing (media) nantinya akan disorot dengan menggunakan data yang terkumpul dengan lengkap, seperti bagian pemerintah yang melakukan 3T (test, tracing, treatment). Kemudian bagian mikro (masyarakat) untuk melakukan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

"Dan inilah peran media, untuk menjadi penyambung untuk bisa memastikan pertama pemerintah benar mengerjakan 3T, karena media kata Pak Nuh (Ketua Dewan Pers) tadi, membawa peran memastikan bahwa proses pemerintahan berjalan dengan benar sebagai salah satu pilar demokrasi," katanya.

Pada sisi lain, menurut Anies, sesuai dengan peranan dasarnya, media juga harus mengajak masyarakat, mencerahkan, dan mencerdaskan untuk menjalankan 3M dalam mencegah penularan virus Covid-19 dengan benar.

"Jadi ini adalah peluang sejarah yang harus diambil teman-teman media. Saya percaya pers Indonesia selalu jadi bagian penting dalam proses kebangsaan, proses perjalanan republik ini," tandas Anies.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad akan Isi Tausiah Nasional HUT JMSI dan HPN 2021

Baca juga: Doni Monardo akan Diberi Medali Emas Pers pada Puncak Peringatan HPN 2021


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait