Larangan Terbang. Sumber: News Week

AS Putuskan Tangguhkan Semua Layanan Penerbangan AS-Venezuela

Ceknricek.com -- Washington memutuskan menangguhkan semua layanan penerbangan kargo dan penumpang yang berpusat di Amerika Serikat (AS) untuk layanan AS-Venezuela. Alasannya karena kondisi keselamatan dan keamanan di negara Amerika Latin tersebut, di tengah upaya oposisi untuk menggulingkan rezim Presiden Nicolas Maduro.

"Keputusan dibuat dengan persetujuan Menteri Luar Negeri dan bekerja sama dengan Departemen Keamanan Dalam Negeri," tulis Departemen Transportasi (DOT) AS, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dati situs resminya, transportation.gov, Kamis (16/5).

Langkah penangguhan layanan penerbangan itu diumumkan, Rabu (15/5). "Mulai sekarang, semua penerbangan ke dan dari Venezuela yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan AS dan perusahaan asing ditangguhkan karena kondisi di sekitar bandara negara itu mengancam keselamatan atau keamanan penumpang, pesawat, atau kru," tulis pernyataan resmi DOT.

Keputusan AS adalah sejatinya hanya "pukulan simbolis" bagi pihak berwenang Venezuela, karena layanan udara antara kedua negara sebagian besar sudah tidak ada.

American Airlines adalah maskapai utama AS terakhir yang menangguhkan penerbangan ke dan dari Venezuela. Maskapai itu menghentikan layanannya sejak Maret lalu. Maskapai lainnya bahkan berhenti beroperasi sejak dua tahun terakhir.

Larangan menyeluruh atas layanan udara mengikuti keputusan Federal Aviation Administration (FAA) awal bulan ini, yang melarang operator dan pilot pesawat bersertifikasi AS terbang di bawah 26.000 kaki (8 kilometer) di atas wilayah Venezuela, dengan alasan keselamatan dan keamanan.

Pada bulan Januari, pemerintahan Trump mengakui politisi oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela, dan menyerukan agar Presiden Nicolas Maduro lengser. Upaya penggulingan Maduro yang berulang kali dilakukan Guaido rupanya selalu gagal.



Berita Terkait