Atasi Covid-19, Menkes Butuh Tiga Ribu Dokter Baru | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Atasi Covid-19, Menkes Butuh Tiga Ribu Dokter Baru

Ceknricek.com—Melonjaknya positif Covid-19 membuat pemerintah menambah jumlah rumah sakit. Hal ini lantaran rumah sakit yang tersedia tidak bisa menampung jumlah pasien yang sakit. Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, penambahan bed rumah sakit membuat pemerintah juga membutuhkan tenaga perawat dan dokter baru.

“Kebutuhan perawat sekitar 16 sampai 20 ribu. Sedangkan tenaga dokter kita butuh 3000 dokter baru,”kata  Menkes saat konferensi pers secara daring terkait PPKM Darurat, Senin (21/7/21).

Menurut menkes, banyak perawat dan dokter yang terpapar Covid-19. Banyak yang meninggal dunia. Juga yang harus isolasi mandiri. Hal ini membuat menkes prihatin. Sebagai bentuk perhatian, menkes sudah berkoordinasi dengan asosiasi perawat dan ikatan dokter untuk vaksinasi tahap ketiga bagi para tenaga kesehatan.

“Secepatnya akan kita kerjakan agar mereka sebagai garda depan melawan pandemik ini bisa terus berkiprah,”kata Budi Gunadi.

Untuk memenuhi kekurangan tenaga perawat dan dokter, menkes akan berkoordinasi dengan mendikbud untuk mengidentifikasi perawat yang sudah lulus kuliah dan uji kompetensi perawat, agar segera bisa masuk ke dunia kerja. Sedangkan untuk kebutuhan dokter, menurut menkes, tahun 2021 ada sekitar 3900 dokter yang sudah menyelesaikan pendidikannya.

“Jadi saya berharap semua segera bisa teratasi, dengan tambahan dari perawat dan dokter baru,”pungkas Menkes Budi Gunadi.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait