Australia Bangun Proyek Teleskop Raksasa untuk Pelajari Galaksi | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Australia Bangun Proyek Teleskop Raksasa untuk Pelajari Galaksi

Ceknricek.com -- Australia dilaporkan sedang melakukan pembuatan proyek teleskop terbesar di dunia.

Dikutip dari Bernama pada Kamis (15/4), Australia memiliki proyek teleskop radio Square Kilometer Array (SKA) dengan investasi 387 juta dolar Australia atau setara dengan Rp 4,3 triliun (Rp11.300/dolar Australia).

Teleskop itu akan dibangun di wilayah Murchisoni, Australia Barat. Teleskop radio itu digadang-gadang dapat menerima gelombang radio dari luar angkasa. Jaringan antena yang luas memantulkan gelombang radio ke penerima.

Dengan mempelajari gelombang radio, para astronom dapat mempelajari tentang komposisi dan pergerakan planet, komet, awan gas raksasa, bintang, dan galaksi.

Proyek ini akan mencakup pusat superkomputer, yang akan berbasis di Perth, untuk memproses data yang akan dihasilkan oleh teleskop radio.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan teleskop radio SKA menjadi ujung tombak penelitian sains dan teknologi.

"SKA akan membantu ilmuwan kita membuat lebih banyak penemuan daripada yang dapat kita bayangkan hari ini. Baik itu pemahaman yang lebih baik tentang asal dan masa depan bintang dan galaksi kita hingga bagaimana gravitasi bekerja di seluruh alam semesta," kata Morrison.

SKA merupakan kolaborasi 16 negara, termasuk Australia, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Portugal, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris.

Konstruksi global akan dimulai pada paruh kedua tahun ini dengan pekerjaan diharapkan akan dimulai di Australia Barat mulai awal 2022. (Bernama/Rmol/ZDNet).


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait