Bank Sentral Indonesia dan Filipina Perkuat Kerja Sama Sistem Pembayaran | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Bank Indonesia

Bank Sentral Indonesia dan Filipina Perkuat Kerja Sama Sistem Pembayaran

Ceknricek.com -- Bank sentral Indonesia dan Filipina, Bank Indonesia (BI) dan Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) menyepakati kerja sama bidang sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital untuk memperkuat hubungan bilateral kedua bank sentral tersebut.

Kesepakatan tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur BSP Benjamin E Diokno saat pertemuan bilateral antara BI dan BSP di Manila, Filipina, Sabtu (1/2).

Dalam keterangan pers yang dilansir dari situs Bi.go.id, Senin, (3/2) menjelaskan kesepakatan ini melengkapi kerja sama BI dan BSP sebelumnya terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU PPT) di bidang sistem pembayaran dan penyelesaian akhir pada 2018 lalu.

Dijelaskan, kesepakatan ini menandai langkah konkret kedua bank sentral menuju keuangan inklusif melalui kerja sama dan pengembangan sistem pembayaran dan keuangan digital.Nota kesepahaman ini bertujuan menyediakan kerangka kerja untuk kerja sama yang lebih erat antara kedua bank sentral dalam rangka mendukung tersedianya sistem pembayaran yang lebih aman, efisien, dan andal serta mendorong inovasi keuangan digital.

Baca Juga: BI Terus Kawal Rupiah Sesuai Fundamental Ekonomi

Selain itu, nota kesepahaman juga menjadi fondasi dalam pelaksanaan kerja sama BI dan BSP ke depan yang diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan yaitu dialog kebijakan, pertukaran informasi, kolaborasi inovasi, pengembangan kapasitas, program pengenalan bisnis teknologi finansial (tekfin) masing-masing bank sentral, dan pembentukan kelompok kerja teknis.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan puncak dari pertemuan bilateral antara BI dan BSP yang membahas berbagai perkembangan dalam bidang ekonomi digital di dunia kebanksentralan, pembiayaan infrastruktur dengan instrumen pasar keuangan, serta kerangka kerja dari pembiayaan yang berkelanjutan.

Di akhir pertemuan, BI dan BSP berkomitmen terus memperkuat kerja sama bilateral dalam rangka mendorong lebih lanjut pengembangan ekonomi dan sistem keuangan.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait