Banyak Ditemukan Kasus Impor, Pemprov Jabar Gelar Tes Covid-19 di Puncak | Cek&Ricek
Foto: Antara

Banyak Ditemukan Kasus Impor, Pemprov Jabar Gelar Tes Covid-19 di Puncak

Ceknricek.com -- Gubernur Ridwan Kamil mengatakan akan melakukan tes Covid-19 masif akhir pekan ini di kawasan Puncak untuk mencegah penyebaran penyakit dari virus korona itu.

"Kajian dari kami, banyaknya kasus impor yang datang (berasal) dari orang yang datang dari zona merah," katanya menjlaskan kenapa melakukan tes itu di RSUP Dr. Hasan Sadikin, Sabtu, (20/6) dilansir dari Antara.

Kasus impor adalah istilah yang menunjukkan telah terjadi penularan di suatau wilayah. Penularan kasus virus bermula dari orang luar.

Untuk melakukan tes itu pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan Mobile Covid-19 Test yang dilengkapi alat tes diagnostik cepat dan alat pelindung diri (APD) bagi petugas pengambil spesimen dalam mendukung pelaksanaan tes di kawasan puncak.

Baca juga: Bamsoet Berikan Bantuan Ribuan Alat Rapid Test ke Pemprov Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat mengatakan, pemulihan aktivitas di sejumlah sektor harus disertai dengan peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

"Inilah cara kami agar adaptasi kebiasaan baru (berjalan), kewaspadaan tetap dijaga dan kasus bisa dikendalikan," katanya.

Selain untuk menemukan kasus dan mencegah penularan, pemeriksaan Covid-19 secara masif dilakukan untuk melacak penularan virus dan memetakan persebaran penyakit.

Ketua Divisi Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat Hermansyah meminta warga tidak takut menjalani pemeriksaan Covid-19.

"Masyarakat tidak perlu takut melaksanakan rapid test ini, karena ini upaya kita untuk mencegah yang lebih besar terhadap penularan. Kemudian juga kita jangan ada lagi stigma orang-orang yang positif Covid-19," katanya.

Diketahui menurut Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat, hingga Sabtu (20/6) jumlah total terkonfirmasi mencapai 2.805 kasus, dan positif Covid-19 mencapai 1.373 orang.

Sementara itu total passen sembuh dari Covid-19 mencapai 1.261 orang, dan pasien meninggal akibat Covid-19 mencapai 171 kasus. (Ant)

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait