Bertajuk Pengaruh Musik Terhadap Pembentukan Karakter Anak | Cek&Ricek kula-coffee
Foto: Istimewa

Bertajuk Pengaruh Musik Terhadap Pembentukan Karakter Anak

Ceknricek.com -- Berdasarkan survei yang dilakukan platform digital pendidikan Bintang Kecil mencatat, kebanyakan anak-anak menyanyikan lagu orang dewasa bertema patah hati, perselingkuhan. Minimnya pengetahuan anak-anak tentang lagu anak Indonesia pun membuat prihatin sejumlah kalangan.

“Tentu memprihatinkan kita semua, anak bernyanyi erat kaitannya dengan pendidikan bagaimana menanamkan karakater yang baik. Anak tidak mengerti lagu dewasa asal menyanyi saja. Perlunya menyanyikan lagu anak erat kaitannya dengan pembentukan karakter,” kata Kak Seto, dalam webinar melalui Live Instagram bertajuk Pengaruh Musik Terhadap Pembentukan Karakter Anak, yang digelar oleh platform digital pendidikan, Bintang Kecil dan diikuti oleh jejak profil.

Selain itu, kata Kak Seto, banyak lagu anak-anak, dimana dalam lagu tersebut mengajak anak sekaligus menanamkan karakter bersih, jujur, tidak sombong. Lagu-lagu itu bisa diputar berulang-ulang hingga akhirnya membentuk karakter anak.

Saat Kak Seto mendapatkan pertanyaan dari seorang anak mengenai kapan idealnya anak belajar musik dan jenis musik apa yang bisa dipelajari, Kak Seto menjawab, “Mulai kapan anak belajar musik? banyak ahli mengatakan kalau perlu masih di dalam kandungan mendengarkan Mozart efek. Membuat anak lebih ceria kreatif dan akrab dengan lingkungan musik setelah lahir diperdengarkan lagi musik itu. Rumah dalam suasana musikal juga membuat anak peka dengan nada irama, jadi labih cepat belajar musik sejak kecil, yang penting iramanya dulu. Berkaitan dengan kemampuan dengan irama hidup yang teratur”.

Sementara itu, penyanyi remaja Jane Callista mengungkapkan rasa senangnya sudah dilibatkan dalam kegiatan ini. dia pun memiliki keinginan untuk ikut menyanyikan kembali lagu anak-anak indonesia.

“Jane pengen banget memutar kembali lagu anak-anak Indonesia supaya ramah di telinga anak-anak Indonesia di zaman sekarang. terimakasih banyak kepada ayah Seto untuk segala kontribusinya untuk anak-anak Indonesia selama ini. terimakasih juga untuk Bintang Kecil dengan visi misi keren banget dan aku proudly support,” ucap Jane.

Acara yang dipandu oleh host Wenny Flowee ini, turut menghadirkan sejumlah anak-anak berbakat di bidang musik, diantaranya Natasha, Delaney dan Bernice.

Tentang Bintang Kecil

Bermula dari tahun 2018 dimana Founder Aplikasi Bintang Kecil, Melia Emmy bersama dengan semifinalis Lomba Cipta Lagu Anak 2018 diundang ke Istana Merdeka oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi mengeluhkan kurang akrabnya anak-anak Indonesia dengan lagu anak-anak Indonesia yang klasik maupun yang terbaru. Di lain pihak, sebagai pemusik lagu anak Indonesia, Melia dan rekan-rekan lainnya juga merasakan susahnya mempublikasikan lagu anak-anak ke tengah masyarakat.

Dari keprihatinan itu, Founder Aplikasi Bintang Kecil berusaha menjembatani kebutuhan itu dengan menciptakan sebuah wadah untuk bisa menarik anak-anak Indonesia supaya mengenal lagu-lagu anakanak dalam hiburan yang sesuai dengan umur anak-anak.

Terbentuk pada tahun 2020, Bintang Kecil merupakan sebuah platform digital edutainment yang terbentuk menjadi aplikasi untuk keluarga dan merupakan rumah kedua bagi para seniman untuk berkarya, belajar dan bersosialisasi secara aman dan nyaman.

Aplikasi berbasis iOs dan Android ini hadir sebagai sarana untuk pembuat karya seni untuk anak-anak mulai dari lagu, cerita, tarian, hingga video agar terus dapat mengembangkan ciptaannya. Karena pada zaman ini kami menyadari kurangnya media yang menyalurkan pencipta karya seni untuk anak-anak.

Bintang Kecil mempunyai misi membuat Galaksi Bintang Kecil menjadi atmosfer baru bagi keluarga untuk berinteraksi dan berekspresi dalam kisah penciptaan bintangbintang yang bersinar terang. Lalu, visinya adalah menjadi ruang aman yang menyenangkan untuk Bintang Kecil berekspresi, belajar, berkarya, dan bersinar.

Ada beberapa fitur menarik yang bisa diikuti dalam platform Bintang Kecil, antara lain, Karaoke dan Ekspresi, Funny Voice Changer, Funny Emoji Video Recorder, Forum, Articles (blogging ; jurnalis anak), Kelas (kelas daring), Playlist video music klasik dan terbaru lebih dari 500 lagu bernilai positif, Mewarnai, Tracing.



Berita Terkait