CNN dan BBC Dilarang Mengudara oleh Pemerintah Venezuela | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Saluran CNN diblokir di TV kabel Venezuela. Sumber CNN

CNN dan BBC Dilarang Mengudara oleh Pemerintah Venezuela

Ceknricek.com -- CNN dan BBC dilarang mengudara oleh pemerintah Venezuela setelah menayangkan kendaraan militer pro Nicolas Maduro menabrak demonstran.

Menurut laporan CNN, Rabu (1/5) DirecTV, Net Uno, Intercable, dan Telefónica menerima perintah dari Conatol, regulator penyiaran pemerintah Venezuela untuk memblokir CNN. DirecTV dan CNN dimiliki oleh AT&T. 

Juru bicara BBC mengonfirmasi BBC Global News juga dilarang mengudara di Venezuela.

Sebelumnya, bentrokan pecah pada Selasa (30/4) pagi setelah pemimpin oposisi Juan Guaido menyerukan seluruh rakyat Venezuela turun ke jalan untuk menentang Maduro.

Puluhan pasukan bersenjata yang mendukung Guaido akhirnya bentrok dengan tentara loyalis Maduro di sebuah rapat umum di Caracas, dan protes besar anti-pemerintah di jalan-jalan berakhir ricuh, menurut laporan Reuters.

Kendaraan lapis baja Garda Nasional Venezuela menabrak sejumlah demonstran dari Oposisi di jalanan Caracas ketika berlangsungnya upaya kudeta terhadap pemerintah Presiden Nicolas Maduro, di Venezuela, 30 April 2019. Sumber : REUTERS/REUTERS TV

Tetapi pada Selasa sore, situasi mereda dan tidak ada indikasi bahwa oposisi berencana untuk mengambil alih kekuasaan melalui kekuatan militer.

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan, "seperti yang kita pahami, Maduro telah siap berangkat ke sekutu sosialis Kuba, tetapi telah dibujuk untuk tetap tinggal di Rusia, yang juga merupakan pendukung utamanya."

"Saya menyerukan mobilisasi maksimum untuk memastikan kemenangan perdamaian. Kita akan menang!," kicau Maduro sebelum pidato di televisi.

CNN diblokir setelah semenit menayangkan siaran langsung detik-detik Garda Nasional Venezuela menabrak demonstran anti-Nicolas Maduro.

Meskipun tayangan televisi CNN diblokir, CNN online tetap beroperasi di Venezuela. Ini bukan pertama kali CNN diblokir di Venezuela. Pada 2017, pemerintah Venezuela memerintahkan penyedia layanan tv kabel untuk memutus CNN en Espanol, CNN berbahasa Spanyol, setelah CNN menayangkan investigasi dugaan penipuan penerbitan paspor dan visa Venezuela.



Berita Terkait