Foto: Setneg

Di Kupang, Presiden Jokowi Kunjungi Tambak Garam dan Pelabuhan Tenau

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan mengunjungi Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (21/8) pagi.

Agenda pertama kunjungannya, Presiden meninjau tambak garam di Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur. Setelahnya, presiden dan rombongan bergerak menuju Kantor Bupati Kupang untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat setempat.

Presiden Jokowi Kunjungi Tambak Garam dan Pelabuhan Tenau
Foto: Antara

Presiden Jokowi menyerahkan 2.709 sertifikat milik masyarakat yang tersebar di tiga kabupaten di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan Timor Tengah Selatan.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi berharap kasus sengketa lahan tidak terjadi kalau sudah bersertifikat sehingga jelas batas-batas dan siapa pemiliknya.

"Ketika mendatangi daerah-daerah di Tanah Air, yang sering didengar adalah konflik tanah. Tetangga dengan tetangga, masyarakat dengan perusahaan, masyarakat dengan pemerintah. Kasus-kasus ini terjadi karena masyarakat tidak memang tidak ada bukti hukum atas tanah berupa sertifikat tanah," kata Jokowi.

Presiden Jokowi Kunjungi Tambak Garam dan Pelabuhan Tenau
Foto: Setneg

Baca Juga: Sebanyak 1.442 Personel Disiapkan Untuk Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Kupang

Presiden menambahkan, kalau pemilik lahan memiliki sertifikat tanah, tidak akan mudah bagi pihak lain untuk mengklaim tanahnya secara sepihak. Presiden berharap warga yang sudah memiliki sertifikat tanah memanfaatkannya untuk kegiatan usaha produktif.

"Apabila dijadikan agunan maka uangnya dimanfaatkan secara baik, jangan digunakan untuk kepentingan konsumtif atau berfoya-foya seperti membeli motor baru. Apabila terjadi seperti itu maka merugikan warga sendiri," ujar Presiden Jokowi.

Kepada warga yang ingin menggunakan sertifikat tanah sebagai jaminan untuk meminjam dana ke bank, presiden berpesan agar mereka memperhitungkan kemampuan untuk membayar angsuran pengembaliannya.

Presiden Jokowi Kunjungi Tambak Garam dan Pelabuhan Tenau
Foto: Setneg

"Apabila tidak mampu mencicil angsurannya maka sebaiknya tidak meminjam kredit ke bank. Apabila ada pinjaman harus digunakan untuk usaha yang produktif. Jangan sampai sertifikatnya hilang karena tidak mampu mengangsur kredit bank," kata Presiden Jokowi.

Selepas melaksanakan ibadah salat zuhur dan santap siang, Presiden Jokowi diagendakan untuk meninjau Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, sebelum bertolak menuju Jakarta dari Bandara Internasional El Tari.

Turut menyertai kunjungan presiden, antara lain, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho.

BACA JUGA: Cek SENI & BUDAYA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait