Diduga Bermasalah, Warga Brazil Ramai-Ramai Tolak Vaksin COVID-19 | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Diduga Bermasalah, Warga Brazil Ramai-Ramai Tolak Vaksin COVID-19

CeknRicek.Com – Warga Brazil dalam sebuah jajak pendapat yang dirilis Sabtu, (12/12/20) menyatakan menolak vaksin COVId-19 buatan China.

Penolakan itu mengalami kenaikan sekitar 22 persen dibandingkan periode Agustus 2020. Seperti diketahui, Brazil sudah memesan vaksin dari raksasa farmasi China yakni Sinopharm dan Sinovac.

Seperti dilansir Reuters yang dipantau di Jakarta, Minggu, (13/12/20) peningkatan persentase warga yang menolak vaksin buatan China kemungkinan dipengaruhi sikap Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang skeptis terhadap vaksin COVID-19.

Survei yang digelar Datafolha menunjukkan 73 persen responden berencana ikut vaksinasi dan lima persen lainnya belum membuat keputusan. Sementara pada Agustus 2020, jumlah responden yang bersedia ikut vaksinasi mencapai 89 persen dan tiga persen sisanya masih ragu.

Bolsonaro akhir bulan lalu mengatakan ia tidak akan ikut vaksinasi meskipun vaksin COVID-19 nantinya tersedia. Presiden Brazil, salah satu tokoh yang meragukan vaksin, mengatakan penolakan itu merupakan "hak"-nya.

Ia secara spesifik menyampaikan keraguannya terhadap vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinovac, perusahaan farmasi asal China, bersama Butantan Institutue, lembaga riset di bawah naungan negara bagian Sao Paulo, Brazil.

Menurut hasil survei Datafolha, hanya 47 persen responden yang bersedia divaksinasi dengan anti virus buatan China, sementara 50 persen lainnya menolak divaksinasi dan tiga persen sisanya belum membuat keputusan.

Hasil survei itu menunjukkan adanya keterkaitan antara penolakan vaksin dengan kepercayaan publik terhadap Presiden Bolsonaro.

Setidaknya, ada 33 persen responden menolak ikut vaksinasi karena mereka percaya Bolsonaro, sementara 16 persen responden menilai presiden bukan orang yang dapat dipercaya.

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan melalui #pesanibu yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak guna mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga :Terus Bertambah, Jumlah Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet Capai 3.094

Baca Juga : Langgar Protokol Kesehatan, Restoran Golden Leaf Disegel Satpol PP



Berita Terkait