Dinkes DKI Buka Program Vaksinasi Massal Nakes di Istora Senayan | Cek&Ricek
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Dinkes DKI Buka Program Vaksinasi Massal Nakes di Istora Senayan

Ceknricek.com -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan kementrian Kesehatan melakukan program vaksinasi massal di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk tenaga kesehatan (nakes) pada Kamis (4/2/21).

Dikutip dari akun Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kegiatan vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan merupakan program vaksinasi dosis pertama. Program aksinasi massal ditujukan untuk nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di Jakarta.

Peserta vaksinasi adalah nakes yang berasal dari peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang bekerja di fasilitas kesehatan DKI Jakarta.  Syarat mengikuti vaksinasi dengan membawa fotokopi STR/SIP dan lolos pemeriksan kesehatan di lokasi vaksinasi.

Dinkes DKI Buka Program Vaksinasi Massal Nakes di Istora Senayan
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Pelaksanaan vaksinasi pada hari ini berlangsung pada pukul 08.30 WIB hingga 15.30 WIB denga menerapan protokol kesehatan ketat. Bagi petugas yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program vaksinasi massa dapat menghubungi posko Covid-19 Dinkes DKI Jakarta.

Pemerintah diketahui saat ini sedang melaksanakan program vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin produksi Sinovac. Bekerja sama dengan PT Bio Farma, vaksin Covid-19 imembutuhkan 2 dosis yang disuntikkan dalam interval 2 minggu (14 hari).

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI NURUL ARIFIN

Dosis pertama tujuannya untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi akan optimal setelah 14-28 hari dari suntikan kedua dilakukan.

Setelah vaksinasi, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk mematuhi 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, agar pendemi dapat segera berakhir.

Baca juga: Menkes Ungkap Alasan Vaksinasi Covid-19 Harus Selesai 12 Bulan

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Terhadap Masyarakat Dijadwalkan Akhir April 2021


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait