Ceknricek.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencintai Tanah Air. Seperti yang dilakukan oleh musikus kawakan Dwiki Dharmawan. Ia tetap konsisten menggemakan nama harum Indonesia di kancah dunia lewat setiap karyanya.

Keyboardist Krakatau Reunion ini selalu memasukkan unsur musik tradisional pada lagu instrumental yang diciptakan. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini bangga dengan keberagaman musik tiap daerah Nusantara.

"Saya selalu ingin agar Indonesia lebih dikenal melalui musik di dunia ini. Bhineka Tunggal Ika itu adalah potensi negara kita. Jadi ini adalah suatu pembuktian dari sebuah negara yang dikenal di dunia mempunyai keragaman budaya yang paling beragam di dunia," ungkapnya saat berbincang dengan Ceknricek.com belum lama ini.

Di samping itu, Dwiki Dharmawan juga menganggap jika Indonesia adalah negara multi kultural yang hebat. Makanya musisi yang baru mengeluarkan album Rumah Batu ini ingin menjadikan musik Indonesia go international.

"Saya ingin memberi tahukan dunia bahwa Indonesia adalah sumber inspirasi dunia. Itu yang ingin saya tunjukkan melalui musik," ujar Dwiki.

Jika banyak musisi mancanegara yang diagungkan oleh penikmat musik Indonesia, Dwiki Dharmawan justru diakui oleh negeri tetangga. Di situ, suami Ita Purnamasari ini merasa bangga.

"Ya saya selalu lebih bergetar lagi hati kita. Sebuah talenta imajinasi, inspirasi apapun diberikan kepada kita sebagai karunia dari illahi. Yang kebetulan diberikan kepada saya," ucap Dwiki.

Dwiki Dharmawan menggali inspirasinya di tanah tercinta, kemudian ia bawa apa yang sudah dipelajarinya ke ajang internasional. Penjelajahannya di dalam negeri dilanjutkan sengan penjelajahan di mancanegara.

"Penjelajahan di dalam negeri ditujukan untuk mencari inspirasi bermusik. Banyak inspirasi saya yang didapatkan dari dalam negeri. Tetapi ketika saya mengeksplor ke luar memperkenalkan itu juga saya banyak mendapat inspirasi ketika saya di luar," tutup Dwiki Dharmawan.