Edhy Prabowo Sebut Seekor Lobster Bisa Bertelur hingga Satu Juta | Cek&Ricek
Foto: Antara

Edhy Prabowo Sebut Seekor Lobster Bisa Bertelur hingga Satu Juta

Ceknricek.com -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengklaim bahwa satu ekor lobster bisa menghasilkan hingga sekitar satu juta telur dan potensi itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kesejahteraan rakyat.

"Satu ekor lobster bisa bertelur hingga satu juta," kata Edhy Prabowo dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI, Jakarta, Senin, (6/7/20).

Edhy Prabowo memaparkan seandainya lobster ditinggalkan di alam, maka diperkirakan jumlah telur yang bisa mencapai dewasa hanya sekitar 0,2 persen. Artinya, dari sejuta telur lobster yang dapat hidup hingga dewasa sekitar 2.000 ekor.

Baca juga: Menteri Edhy Setujui Larangan Ekspor Benih Lobster

Namun, lanjutnya, bila dibudidayakan, maka telur lobster dapat mencapai dewasa hingga sekitar 30 persen. "Wilayah kita terlalu luas, saya sangat yakin akan menghasilkan nilai ekonomi," kata Edhy Prabowo dikutip dari Antara.

Politikus Gerindra  itu juga mengemukakan berbagai kekurangan yang ada akan disempurnakan dan seluruh saran serta masukan bakal menjadi bahan acuan perbaikan ke depannya.

Dalam sejumlah kesempatan sebelumnya Edhy Prabowo menegaskan bahwa prioritas utama pemerintah adalah mengembangkan budi daya lobster dan bukan ekspor, karena ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengekspor benih lobster.

"Prioritas pertama itu budi daya, kita ajak siapa saja, mau koperasi, korporasi, perorangan silahkan, yang penting ada aturannya. Pertama harus punya kemampuan budi daya. Jangan tergiur hanya karena ekspor mudah, untungnya banyak," tambahnya. (Ant)

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait