Enam Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belolahraga Lari di Masa New Normal | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Enam Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belolahraga Lari di Masa New Normal

Ceknricek.com -- Olahrahaga menjadi satu hal yang mesti dilakukan di masa new normal agar imunitas tubuh tetap terjaga selama masa pandemi virus korona stau Covid-19.

Namun saat melakukan olahraga di masa new normal harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak.

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menghindari kerumunan. Adalah olahraga lari. Selain bisa dilakukan di dekat rumah, olahraga ini juga tidak banham mengeluarkan biaya.

Pelatih lari Hendri Pardede sebagaimana dilansir dari Antara merekomendasikan enam hal penting yang disebut dengan formula T.E.M.B.A.K., bagi Anda yang rutin berlari agar mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut.

Berikut enam hal penjabaran formula T.E.M.B.A.K. tersebut, yakni:

1. T (Time)

Memilih waktu dan tempat yang tepat. Saat ingin berlari di luar ruangan sebaiknya memilih waktu dan tempat yang tidak terlalu ramai, mungkin bisa dilakukan pagi hari sekitar jam 05:30 - 06:00 atau sore hari.

Sebaiknya hindari tempat yang ramai dari lalu lintas orang misalnya berlari di area kompleks perumahan, sekitar lingkungan apartemen, juga lingkungan jalanan yang sepi.

2. E (Easy)

Memilih porsi latihan hanya dengan intensitas ringan saja agar imunitas tubuh dapat meningkat. Latihan yang terlalu berat cenderung akan membuat tubuh mengalami tingkat kelelahan yang berlebih sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Sebaiknya berlari di zona aerobik sekitar zona 2-3 yaitu sekitar 60-70 persen dari detak jantung maksimal.

Baca juga: Anjuran Asupan Nutrisi Sebelum dan Sesudah Berolahraga

3. M (Masker)

Saat berlari di luar ruangan sebaiknya menggunakan masker jika berpapasan dengan pelari lain. Anda bisa melepaskan masker di bawah dagu jika tidak ada orang lain di sekitar kita, sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

4. B (Bersih).

Selama berlari sebaiknya menjaga kebersihan diri sendiri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah berlari serta hindari menyentuh mata dan hidung dengan menggunakan tangan.

Pardede mengatakan, hindari juga saat berlari dengan menyentuh benda-benda di tempat umum.

5. A (Aku Jaga Jarak)

Pastikan jarak Anda dengan pelari lain sekitar 3-4 meter untuk mencegah virus penyebab Covid-19 menular dari satu orang ke orang lainnya.

Jika saat berlari Anda dilewati pelari lain, tunggu beberapa saat sampai jarak aman 3-4 meter sudah tercapai.

6. K (Konsisten)

Konsisten adalah tetra melakukan gaya hidup senat selama masa pandemi Covid-19 agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terinfeksi virus. (Antara)

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait