Facebook Mau PHK Besar-besaran Minggu Ini | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Facebook Mau PHK Besar-besaran Minggu Ini

Ceknricek.com--Induk Facebook dan WhatsApp, Meta, berencana untuk melakukan PHK besar-besaran minggu ini. Ribuan karyawan disebut-sebut terancam kehilangan pekerjaannya. Mengutip dari Reuters, Senin (7/11/22), isu soal PHK di Meta ini mencuat dari laporan Wall Street Journal pada hari Minggu. Mereka mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Kabarnya, pengumuman PHK akan direncanakan pada hari Rabu.
Induk Facebook Meta pada bulan Oktober memperkirakan pendapatan yang lemah dan secara signifikan memprediksi lebih banyak biaya tahun depan. Prospek mengecewakan itu datang seiring dengan pertumbuhan ekonomi global yang melambat. Belum lagi, Meta dan segudang merek media sosialnya harus bersaing dengan platform TikTok yang sedang berada di atas angin. Kekhawatiran tentang pengeluaran besar-besaran untuk proyek metaverse juga dinilai menjadi ancaman Meta. Perihal efisiensi tenaga kerja, sebelumnya Chief Executive Meta Mark Zuckerberg sudah memberikan kode. Dia pernah mengatakan pihaknya akan membekukan perekrutan, menutup proyek, dan mengatur ulang tim untuk memangkas biaya. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mensukseskan proyek metaverse.

Zuckerberg mengatakan investasi untuk proyek metaverse memakan waktu sekitar satu dekade untuk membuahkan hasil.
"Pada tahun 2023, kami akan memfokuskan investasi kami pada sejumlah kecil area pertumbuhan prioritas tinggi. Jadi itu berarti beberapa tim akan tumbuh secara signifikan, tetapi sebagian besar tim lain akan tetap datar atau menyusut selama tahun depan," ungkap Zuckerberg pada akhir Oktober.
"Secara agregat, kami berharap untuk mengakhiri 2023 dengan ukuran tim yang kira-kira sama, atau bahkan organisasi yang sedikit lebih kecil dari kita sekarang," katanya menambahkan.

Meta, pada bulan Juni juga telah memiliki rencana untuk mempekerjakan insinyur setidaknya 30% lebih sedikit. Kala itu, Zuckerberg juga memperingatkan karyawan untuk bersiap menghadapi penurunan ekonomi.
Kode-kode PHK juga datang dari pemegang saham Meta, Altimeter Capital Management. Dalam sebuah surat terbukanya kepada bos Meta Mark Zuckerberg, investor besar itu mengatakan Meta perlu merampingkan dan memotong pekerjaan untuk mengurangi belanja modal.
Meta juga disinggung telah kehilangan kepercayaan investor karena menggenjot pengeluaran dan berputar ke metaverse.
Beberapa perusahaan teknologi, termasuk Microsoft Corp, Twitter Inc dan Snap Inc juga telah memangkas tenaga kerjanya dan mengurangi perekrutan dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu biang kerok utamanya adalah pertumbuhan ekonomi global melambat karena suku bunga yang lebih tinggi dan meningkatnya inflasi.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait