Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Faktor Usia Kunci Utama Keberhasilan Program Bayi Tabung

Ceknricek.com -- Bayi tabung menjadi salah satu solusi pasangan suami istri dalam menanti kehadiran sang buah hati yang tak kunjung datang. Cara ini di dunia kedokteran dipercaya sebagai solusi paling jitu. 

dr. Ivan R. Sini, SpOG Presiden Direktur Morula Ivf Indonesia menjelaskan paling sering terjadi pasien datang terlambat sehingga program bayi tabung jadi lebih sering gagal. 

“Pasien yang datang diusia 38 tahun sangat kemungkinan kecil terjadi, belum dari pria juga. Pria juga bertambah usia mempengaruhi sperma yang dihasilkan tidak bagus”, kata dr. Ivan saat ditemui dalam press conference Biennial Meeting Morula Ivf Indonesia 2019 di Hotel Aston, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/7). 

dr. Ivan mengingatkan untuk pasangan suami istri bila ingin berhasil menjalani program bayi tabung harus datang di usia muda dan jangan sampai telat. Inilah kunci keberhasilan bila tidak ingin gagal bayi tabung. 

“Untuk meningkatkan hamil setinggi-tingginya, saat usia muda, pasien di usia 34 tahun ke bawah itu 50 sampai 60 persen mudah. Bila di atas itu angka keberhasilan berkurang bisa 40 persen. Jangan terlambat mengikuti program yang semestinya”, ucapnya. 



Berita Terkait