Gencatan Senjata di Suriah Utara Permanen, Trump Cabut Sanksi Turki | Cek&Ricek
Foto: Reuters

Gencatan Senjata di Suriah Utara Permanen, Trump Cabut Sanksi Turki

Ceknricek.com -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan gencatan senjata di Suriah Utara saat ini suda bersifat permanen. Dengan demikian, AS bisa mencabut sanksi atas Turki. Dirinya juga membantah tudingan bahwa dirinya sengaja menarik pasukan AS agar Suku Kurdi diserang.

Dalam pidato di Gedung Putih, Rabu (23/10), Trump mengatakan periode gencatan senjata ini sebagai terobosan terbesar. Dirinya telah merundingkan hal tersebut dengan Wakil Presiden Mike Pence.

"Banyak nyawa sekarang di selamatkan sebagai hasil dari perundingan kami dengan Turki, hasil yang dicapai tanpa menumpahkan setetes pun darah orang Amerika, tak seorang pun ditembak, tak seorang pun terbunuh," kata Trump.

Gencatan Senjata di Suriah Utara Permanen, Trump Cabut Sanksi Turki
Foto: Reuters

Baca Juga: "Surat Cinta" Trump untuk Erdogan Dibuang ke Tong Sampah

Trump kemudian menginstruksikan Menteri Keuangan Steven Menuchin untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan atas Turki. Meski demikian, Trump mengaku tidak akan sungkan memberi sanksi serupa apabila ada sesuatu yang terjadi dan membuat dirinya “tidak senang”.

Parlemen AS sendiri menilai keputusan tiba-tiba Trump untuk menarik tentara AS dari Suriah pada awal bulan ini guna membersihkan jalan buat penyerbuan Turki. Kongres AS masih menyiapkan paket sanksi untuk menghukum Turki karena tindakan agresi di lintas perbatasannya.

Penarikan pasukan oleh Trump terjadi di tengah desakan parlemen yang dikuasai anggota Demokrat untuk menggulingkan Trump terkait teleponnya dengan Presiden Ukraina. Saat itu, Trump menahan dana bantuan perang sampai Ukraina mau menyelidiki calon pesaingnya dari Demokrat dalam pemilihan presiden 2020, Joe Biden.

"Tiga pekan setelah pertama kali mengumumkan penarikan tentara, presiden tampaknya tidak memiliki strategi yang jelas untuk mempertahankan kekalahan ISIS dan memperbaiki kekacauan yang tercipta di Suriah," kata senator dari Demokrat, Chuck Schumer.

BACA JUGA: Cek  AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait