Sumber: Istimewa

Google Lakukan Terobosan, Buat AirDrop Versi Android

Ceknricek.com -- Perusahaan multi nasional asal Amerika Serikat, Google kembali melakukan terobosan baru dengan meluncurkan Nearby Sharing atau AirDrop versi android.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (26/1) bocoran untuk perangkat Samsung terbaru menunjukkan adanya fitur Quick Share. Namun, tidak berhenti disitu, versi Google dari fitur tersebut kini muncul.

Seperti yang dilaporkan XDA, fitur Google tersebut berfungsi sebagai sebuah fitur yang memungkinkan untuk berbagi foto atau file lain dengan perangkat terdekat, bahkan yang tidak terdaftar dalam kontak, seperti AirDrop.

Video uji coba yang dirilis XDA juga menunjukkan bahwa fitur tersebut dapat menemukan perangkat terdekat dan mentransfer gambar dalam hitungan detik.

Baca Juga: Awas, 30 Aplikasi Android Ini Diam-diam Curi Data Pengguna

Seperti Apple, Nearby Sharing tampaknya memiliki sejumlah pengaturan privasi, seperti mode tersembunyi untuk membatasi siapa saja yang dapat mengirimi file. Sejauh ini, fitur tersebut dilaporkan telah ada pada Pixel 2 XL dan Pixel 4.

Tidak hanya ponsel Google, Nearby Sharing juga dilaporkan hadir di OnePlus 7T Pro. Hal ini mengisyaratkan bahwa fitur tersebut berpotensi tersedia di semua atau sebagian besar ponsel yang mendukung Google Play, dan bahkan perangkat dengan Chrome OS. Nearby Sharing sendiri diharapkan menjadi pembaruan di Android 11.

Sekedar informasi AirDrop adalah salah satu fitur yang paling berguna dan nyaman digunakan di dalam ekosistem Apple dan cukup populer di kalangan pengguna teknologi gawai dan komputer.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait