Hari perempuan Internasional, Perempuan Parlemen RI Gelar Pameran Foto dan Diskusi | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Hari perempuan Internasional, Perempuan Parlemen RI Gelar Pameran Foto dan Diskusi

Ceknricek.com -- Peringati Hari Perempuan Internasional, atau International Women’s Day 2021 Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia akan mengadakan pameran di Selasar Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, (8/3/21).

Pameran foto dan rangkaian talkshow bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen: Jalan Harapan Bangsa"itu  digelar oleh Koalisi Parlemen Perempuan Republik Indonesia (KPP-RI)usai pembukaan masa sidang keempat DPR.

Ketua Presidium KPP-RI Diah Pitaloka mengatakan, kegiatan pameran foto dan rangkaian talkshow ini merupakan kesempatan apresiasi kepada perempuan parlemen Indonesia yang telah turut serta mewarnai pengambilan kebijakan di Tanah Air.

"Perjuangan perempuan untuk dapat duduk di kursi parlemen dan terlibat langsung dalam pembuatan keputusan tidaklah mudah. Sebab, mereka masih harus berjuang menghadapi stigma, dan kendala struktural maupun kultural sebagai perempuan," ujar Diah dalam keterangan tertulis Senin, (8/3/21).

Lebih lanjut, Diah juga mengungkap kiprah mereka juga diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik terhadap perlindungan dan kesejahteraan kaum perempuan di berbagai bidang kehidupan.

"Perempuan dengan segala dinamikanya menghadapi tantangan tersendiri ketika akan terjun ke dunia politik. Hal ini penting untuk diapresiasi dengan terus memberikan semangat dan dukungan sehingga terlibat aktif dalam pembangunan bangsa melalui politik," imbuhnya.

Pameran yang diselenggarakan hingga 18 Maret itu , menurut Diah akan menampilkan karya dari 124 anggota DPR perempuan, dan 42 anggota DPD perempuan yang turut serta dalam pameran akan menampilkan masing-masing tiga fotonya.

"Selain pameran foto, rangkaian talkshow yang digelar juga ingin memberikan perspektif perempuan terhadap berbagai isu terkini. Para pembicara ialah anggota legislatif perempuan dengan beragam keahlian dan konsentrasi," tutur Diah.

Topik yang akan diangkat di dalam rangkaian talkshow antara lain pemerintahan daerah, vaksinasi, pendidikan daring, perkawinan anak, pengembangan energi hijau, pengarusutamaan gender dalam pembangunan, pelestarian lingkungan hidup, dan wirausaha perempuan dalam akselerasi pemulihan ekonomi.

“Acara ini diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi setiap perempuan di Tanah Air untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan Indonesia di berbagai bidang, termasuk politik," demikian Diah.



Berita Terkait