Hikmah yang Bisa Dipetik Selama Masa-Masa Sulit Pandemi COVID-19 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Hikmah yang Bisa Dipetik Selama Masa-Masa Sulit Pandemi COVID-19

Ceknricek.com -- Semua orang mungkin sekarang berpikir bahwa akan menghabiskan waktu mereka sepanjang tahun bertahan dari pandemi ini. Banyak dari mereka yang harus beraktivitas dari rumah saja mulai dari sekolah, kuliah, hingga bekerja. Siapapun mungkin sekarang juga merasa lelah akan ketidakpastian kapan wabah ini berakhir.

Namun, meski begitu, kita tetap harus berpikir positif dan mencoba mengambil hikmah dari pandemi yang tengah melanda dunia ini. Berikut beberapa hikmah yang dirangkum ceknricek.com yang bisa diambil selama pandemi ini.

Lebih peduli dan tolong menolong.

Sebenarnya sikap tolong menolong sudah pasti ada dalam diri manusia sebagai individu. Namun, di masa pandemi ini kepedulian dan sikap saling membantu tersebut menjadi sangat terlihat lantaran kenyataan yang harus dihadapi selama pandemic salah satunya adalah banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan sebagai mata pencaharian mereka hingga harus menghadapi kesulitan ekonomi.

Lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

Semakin hari, pandemik semakin memperlihatkan ketidakpastian, kita tidak tahu kapan wabah COVID-19 akan betul-betul berakhir. Kita yang awalnya mengira tidak akan lama, kemudian cemas karena ternyata ekspektasi meleset dan ada banyak hal dalam hidup kita yang terdampak ketidakpastian. 

Karena merasa cemas begitu melelahkan, kenapa tidak coba untuk berserah saja? Percaya saja bahwa Tuhan akan menanggung nasib kita, yang penting sekarang ini kita sudah mengusahakan yang terbaik. 

Lebih akrab dengan kesederhanaan 

Awalnya kita hanya mau tak mau harus di rumah saja demi menghindari penyebaran wabah. Tak lama kemudian, dampak ekonomi dari pandemik COVID-19 juga memaksa kita untuk mengatur ulang strategi pemasukan dan pengeluaran.

Dari yang awalnya hanya dipaksa untuk tidak nongkrong atau berjalan-jalan, kini kita jadi benar-benar dapat beradaptasi untuk hidup lebih sederhana. Membeli dengan lebih berhati-hati, menyenangkan diri sendiri dengan cara secukupnya, dan tidak menumpuk apa yang tak benar-benar perlu demi berhemat.

Baca juga: Belajar Daring Jadi Zona Nyaman Selama Pandemi COVID-19

Baca juga: Jhessica Vee Optimis Jalani Bisnis di Masa Pandemi



Berita Terkait