Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

ICRA 2019 Pamerkan Produk Kreatif Karya 200 Perajin

Ceknricek.com -- Pameran ICRA yang diikuti lebih dari 200 usaha kecil menengah, perajin dan perancang kriya serta produk interior memamerkan karya mereka di Pameran ICRA di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (2/10) hingga Kamis (10/10) mendatang.

Penyelenggaraan yang resmi dibuka bertepatan dengan Hari Batik Nasional itu, menjadi momentum penting bagi kebangkitan khasanah kriya Indonesia dalam era ekonomi digital menyongsong Indonesia 4.0. 

Emilia Suhemi, perwakilan dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mengatakan, batik sebagai adikriya Indonesia yang telah mendapat pengakuan dunia diharapkan menjadi salah satu lokomotif yang mampu menarik gerbong kriya Indonesia ke dalam pasar global. 

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

“Saya senang sekali Jakarta sudah bergeliat di bidang ini. Koleksi adikriya warisan budaya nusantara sudah tidak susah didapatkan. Di sini juga ada museum keramik, wayang dan kain bukan hanya museum tekstil yang kita kenal di Tanah Abang, tapi harus terus digali dan dilestarikan di museum,” kata Emilia saat acara pembukaan. 

Dia menilai, hal tersebut akan memicu inovasi khususnya di era digital sehingga harus dilindungi secara intelektual. “Ini luar biasa saya melihat kemajuan. Misalnya saja tadi ada batik Marunda yang disentuh desainer ditampilkan, biasanya penampilan fashion show enak dilihat tapi susah untuk dipakai dan ini batik Marunda saya lihat bisa dipakai siapa saja,” jelasnya. 

Baca Juga: ICRA 2019 Tampilkan Kreasi Mutakhir Produk Kriya dan Gaya Hidup

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Selain memamerkan produk kreatif karya para perajin, perancang serta UKM, event ini juga mengadakan beragam kegiatan seperti diskusi kreatif serta klinik desain. Ada juga demo membatik dari Museum Tekstil Jakarta, workshop dan demo keramik dari Museum Seni Jakarta. 

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Hadir pula workshop produk home decor dari komunitas di bidang industri kreatif serta seminar dengan tema Industri Kriya Indonesia dalam era ekonomi digital. 

Indonesia sebagai negara berpenghasilan menengah dengan income per kapita rata-rata US$4.000 yang terus meningkat, merupakan pasar yang semakin menjanjikan bagi produk-produk kriya dan gaya hidup. 

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait