India Kembangkan Vaksin Covid-19 Khusus Varian Omicron | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

India Kembangkan Vaksin Covid-19 Khusus Varian Omicron

Ceknricek.com -- Gennova Biopharmaceuticals di India tengah mengembangkan kandidat vaksin Covid-19 khusus untuk virus corona varian Omicron yang siap digunakan dalam 1-2 bulan ke depan, kata seorang sumber kepada Reuters.

Sumber yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan vaksin tersebut mungkin memerlukan uji coba kecil di India sebelum digunakan sebagai vaksin tersendiri atau dosis penguat (booster).

Perwakilan Gennova, anak perusahaan farmasi Emcure Pharmaceuticals yang beroperasi di 70 negara, belum menanggapi permintaan untuk memberi komentar.

Pfizer Inc pekan lalu mengatakan perancangan ulang vaksin Covid-19 yang khusus menyasar varian Omicron bisa diluncurkan pada Maret.

Sumber itu mengatakan Gennova pada Jumat mengirimkan data uji klinis tahap 2 kepada regulator obat-obatan India untuk kandidat vaksin berbasis mRNA yang mereka kembangkan.

Pemerintah mengatakan tahun lalu vaksin tersebut "aman, cukup ampuh, dan memicu respons kekebalan" pada peserta uji awal.

Jika mendapat izin penggunaan darurat, vaksin itu akan menjadi vaksin Covid-19 pertama India yang berbasis mRNA, seperti vaksin milik Pfizer dan Moderna. (Reuters/Antara)

Baca juga: India Mulai Berikan Vaksin 'Booster' Covid-19

Baca juga: Hadapi Ancaman Omicron, India Mulai Vaksinasi Anak 15-18 Tahun


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait