Indonesia Jadi Tamu Kehormatan Pameran Teknologi Turki Teknofest 2021 | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Menteri Industri dan Teknologi Turki Berkunjung ke Booth PTDI

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan Pameran Teknologi Turki Teknofest 2021

Ceknricek.com--Indonesia menjadi tamu kehormatan (Guest of Honour) dalam perhelatan teknologi bergengsi di kawasan Eropa, yakni Teknofest 2021 yang diselenggarakan di Istanbul, Turki pada 21-26 September.

Dubes Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal mengatakan sejumlah institusi riset dan pengembangan teknologi terkemuka dari Indonesia ikut berpartisipasi memamerkan hasil karyanya di antaranya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Indonesia, jelas dia, juga menampilkan berbagai prototipe produk teknologi seperti pesawat terbang CN 235, N 219 dan industri pertahanan.

“Ini kesempatan buat menampilkan capaian teknologi Indonesia. Ini kesempatan membangun kemitraan dengan sejumlah pengembang teknologi Turki," jelas Lalu dalam keterangan resminya pada Selasa (21/9/21).

Selain dihadiri institusi pengembang teknologi, hadir juga dari Indonesia pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, dan sejumlah anggota DPR RI dari komisi-komisi yang terkait dengan industri dan inovasi nasional.

Menurut Lalu, Indonesia merupakan negara pertama yang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi sebagai peserta pameran dalam ajang tersebut.

Dalam keterangan resmi KBRI Ankara, festival teknologi Teknofest merupakan ajang pameran tahunan teknologi unggulan Turki yang diselenggarakan sejak 2018 sebagai tempat pertemuan atau melting point inovasi dan kemitraan berbagai stakeholders ristek dari kalangan pemerintah, pusat penelitian, industri strategis hingga institusi pendidikan.

Teknofest tiap tahun terus berkembang menjadi festival teknologi terbesar di kawasan. Pada tahun 2019 pameran ini berhasil memecahkan rekor sebagai festival teknologi di Eropa yang paling banyak dikunjungi dengan partisipasi lebih dari 120 negara dan dikunjungi 1,5 juta orang.

Pada tahun 2020, Teknofest tetap diselenggarakan meski dalam skala yang lebih kecil dan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Teknofest 2021 kali ini akan mencakup berbagai program terutama pameran teknologi, seminar serta kompetisi teknologi internasional.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait