Sumber: Getty Images

Inggris Kalah dari Ceko, Nama Wasit Jadi Sorotan

Ceknricek.com -- Tim nasional Inggris harus menunda keberangkatannya ke Piala Eropa 2020, usai dikalahkan Republik Ceko dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020, Jumat (11/10) atau Sabtu (12/10) dini hari WIB. Harry Kane dkk. takluk 1-2 dalam laga yang berlangsung di Stadion Sinobo, Praha, Ceko.

Inggris sebenarnya unggul lebih dahulu pada menit 5 lewat sepakan penalti Kane. Ini merupakan gol ke-20 bagi pemain Tottenham Hotspur itu selama dirinya menjabat sebagai kapten Inggris. Adapun secara total, pemain yang membela timnas senior Inggris sejak 2015 itu sudah mencetak 27 gol untuk tim Tiga Singa.

Sumber: Getty Images

Tuan rumah hanya membutuhkan waktu 4 menit untuk menyamakan skor. Memanfaatkan situasi sepak pojok, pemain belakang Jakub Brabec sukes meneruskan umpan Ondrej Celutska, untuk membobol gawang Inggris yang dikawal oleh Jordan Pickford. Skor imbang berakhir hingga turun minum.

Di babak kedua, tim Lokomotif, julukan Ceko makin menekan permainan Inggris yang terlihat kedodoran. Kubu tuan rumah bersorak lima menit sebelum laga berakhir. Memanfaatkan umpan Lukas Masopust, striker gaek debutan yang turun sebagai pemain pengganti, Zdenek Ondrasek sukses mencetak gol kemenangan untuk Ceko. Inggris pun menderita kekalahan perdana di fase kualifikasi Grup A.

Kekalahan ini sekaligus memupus rekor Inggris yang tak pernah kalah dalam 43 laga terakhir kualifikasi Piala Dunia dan Eropa. Predikat spesialis kualifikasi ini melekat kepada tim Negeri Rati Elizabeth ini, lantaran selalu tampil perkasa di fase kualifikasi namun kedodoran saat berlaga di turnamen sesungguhnya.

Kekalahan terakhir Inggris di babak kualifikasi ialah saat takluk dari Ukraina, 0-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2010, 10 Oktober 2009. Sejak itu, Inggris telah menang 34 kali dan imbang 9 kali, sebelum kalah dari Ceko.

Sumber: Getty Images

Uniknya, para suporter Inggris justru menyorot nama wasit yang memimpin pertandingan Inggris-Ceko, Damir Skomina. Wasit asal Slovenia itu juga merupakan wasit yang memimpin laga saat Inggris takluk dari Ukraina. Saat itu Skomina memberi kartu merah kepada kiper Robert Green di menit 14. Inggris kalah akibat gol dari Serhiy Nazarenko yang dicetak 15 menit berikutnya.

Baca Juga: Martinez Semringah Belgia Jadi Tim Pertama yang Lolos Euro 2020

Pasukan Inggris memang nampaknya selalu apes ketika Skomina menjadi pria penengah di lapangan. Wasit yang kini berusia 43 tahun itu juga memimpin pertandingan Inggris ketika kalah 1-2 dari Islandia pada laga Piala Eropa 2016. Saat itu Skomina memberi penalti untuk Inggris yang berhasil dikonversi Wayne Rooney pada menit 4. Inggris akhirnya takluk lewat gol dari Ragnar Sigurdsson dan Kolebeinn Sigurdsson di menit 6 dan 18.

Terlepas dari laga-laga yang berakhir dengan kekalahan untuk Inggris, Skomina juga merupakan wasit yang memimpin final Liga Champions 2018/2019 yang mempertemukan dua tim Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur. Skomina memberi penalti untuk The Reds yang sukses dikonversi Mohamed Salah di menit pertama. Liverpool menang 2-0.

Sumber: Getty Images

Skomina juga memimpin laga final Liga Eropa 2016/2017 antara Ajax dan klub Inggris lainnya, Manchester United yang dimenanngkan MU 2-0. Terakhir, Skomina memimpin laga fase grup Liga Champions 2019/2020 antara Barcelona dan Inter Milan, 3 Oktober lalu. Pelatih Inter, Antonio Conte mengkritisi kinerja Skomina lantaran tak memberi penalti saat pelanggaran Stefano Sensi. Inter kalah 1-2.

Susunan Pemain: 

Republik Ceko: Tomas Vaclik; Vladimír Coufal, Ondrej Celustka, Jakub Brabec, Jan Boril; Tomas Soucek, Alex Kral; Lukas Masopust (Jaromir Zmrhal 90'), Vladimir Darida, Jakub Jankto (Jan Kopic 83'); Patrik Schick (Zdenenk Ondrasek 65').

Inggris: Jordan Pickford; Danny Rose, Harry Maguire, Michael Keane, Kierran Trippier; Declan Rice (Tammy Abraham 88'), Jordan Henderson; Raheem Sterling, Mason Mount (Ross Barkley 72'), Jadon Sancho (Marcus Rashford 73'); Harry Kane.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait