Ini Alasan Messi Bertahan di Barcelona | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Ini Alasan Messi Bertahan di Barcelona

Ceknricek.com -- Lionel Messi secara mengejutkan memilih untuk bertahan di Barcelona.  Banyak alasan yang mendasarinya. Pada media Goal.Com, Messi banyak curhat dalam sebuah sesi wawancara pribadi. Wawancara dipandang penting, karena selama ini ia tidak pernah memberikan waktu secara eksklusif pada media.

Messi sebelumnya telah menyatakan keinginannya untuk pergi dari Camp Nou melalui faks yang dia kirimkan kepada manajemen Blaugrana—julukan—Barcelona. Dalam pesannya tersebut dia menyampaikan keinginannya untuk mengaktifkan klausul pelepasan setiap akhir musim.

Messi memang istimewa. Setiap akhir musim, dia berhak berganti seragam dengan status bebas transfer. Hal ini juga tertuang dalam salah satu klausul kontraknya. Namun, akibat pandemi semuanya buyar.

Musim sepakbola 2019-2020 yang seharusnya berakhir pada Juni silam menjadi mundur. Messi dan pengacaranya menilai sepakbola musim lalu berakhir usai Liga Champions, yakni 23 Agustus 2020.

Namun, Barcelona bersikeras. Mereka menyatakan bahwa musim sepakbola tetap berakhir pada Juni lalu. La Liga pun ikut mengitervensi. Operator Liga Spanyol menguatkan pernyataan manajemen Barcelona.

Dengan keputusan seperti itu, Messi atau klub yang menginginkan jasanya harus membayar pelepasan klausulnya sebesar 700 juta euro (sekira Rp12 triliun). Jumlah itu sangat besar, juga untuk Messi sekalipun.

Baca Juga: Messi Dikabarkan Bertahan di Barca

Meski dia belabel super megabintang, Messi merasa jumlah itu tidak mungkin untuk dibayarkan. Bahkan selama dia bermain untuk Barcelona sejak 2005, total pendapatan dia tidak pernah mencapai nilai pelepasan klausul yang diminta Barca.

Dalam laporan Forbes, selama berkarier di Barcelona, Messi berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 511 juta euro (sekira Rp8,93 triliun). Angka itu masih jauh dari harga pelepasan klausulnya di Barcelona.

Dengan kondisi seperti itu, klub yang mengincar Messi juga berpikir ulang. Pun dengan Manchester City, klub kaya raya yang ditopang pengusaha Qatar, telah mentah-mentah menolak menebus klausul pelepasan sang Ikon Barcelona.

Akibatnya, Messi terpaksa bermain di Barcelona setidaknya satu musim lagi. Pasalnya ia masih memiliki kontrak hingga Juni tahun depan.

“Mereka bersikeras pada fakta saya tidak mengutarakan itu semua sebelum 10 Juni. Pada 10 Juni, kami masih bermain di La Liga Spanyol dan berada di tengah-tengah situasi sulit pandemi Covid-19 yang berdampak pada musim,” tutur Messi kepada Goal.

“Dan itu jadi alasan mengapa saya akan bertahan di klub. Sekarang saya akan bersama klub karena presiden mengatakan satu-satunya jalan bagi saya untuk pergi adalah membayar klausus 700 juta euro dan itu mustahil,” pungkas dia.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait