Ini Dia 7 Makanan Sehat untuk Cegah DBD | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Ini Dia 7 Makanan Sehat untuk Cegah DBD

Ceknricek.com -- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sedang tinggi di Indonesia. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat hampir 16.000 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di 213 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan angka 124 kasus kematian.

Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kasus DBD diperkirakan akan terus berlanjut sampai April seiring dengan musim hujan dan El nino.

Meskipun DBD dapat disembuhkan, namun alangkah lebih baiknya melakukan pencegahan. Salah satu cara yang mudah melakukan pencegahan DBD yakni dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Diwarta dari Times of India, berikut ini tujuh makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah DBD.

1. Pepaya

Ekstrak pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain yang membantu pencernaan, mencegah kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi 30 ml jus daun pepaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Oleh karena itu, pepaya dan daun pepaya ini cocok untuk pencegahan serta pengobatan demam berdarah.

2. Delima

Buah satu ini aya akan nutrisi dan mineral penting, memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah delima dapat mengurangi rasa lelah dan letih. Selain itu, buah delima kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga jumlah trombosit darah.

3. Bawang putih

Salah satu makanan anti-virus terbaik. Bawang putih juga merupakan makanan penambah kekebalan yang membantu mengatasi gejala seperti peradangan, demam, dan sakit tenggorokan. Sifat antimikroba dan antijamur jua membasmi kuman dan racun jahat, sehingga mempercepat pemulihan.

4. Yogurt

Selain baik untuk pencernaan, tetapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh supaya berfungsi dengan baik. Yogurt bekerja sebagai probiotik yang merangsang produksi bakteri usus penting, menghilangkan racun, dan memberi lebih banyak manfaat kesehatan.

5. Brokoli

Sumber Vitamin K yang sangat baik membantu meregenerasi trombosit darah. Sayuran hijau ini juga kaya akan antioksidan dan mineral loh! Dengan begitu, brokoli cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan dan penyembuhan demam berdarah.

6. Bayam

Mengonsumsi bayam juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Bayam merupakan makanan yang kaya akan zat besi dan lemak omega-3 yang sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Kiwi

Mengandung vitamin A, vitamin E, dan potasium dalam jumlah yang baik untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh dan membatasi hipertensi dan tekanan darah tinggi. Tembaga dalam buah kiwi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah yang sehat, serta membangun kekebalan terhadap serangan penyakit.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait