Foto: Antara

Jelang Lawan Korea Utara, Fakhri Sudah Tahu Gambaran Lawan

Ceknricek.com -- Tim nasional U-19 Indonesia sukses menggebuk Hong Kong 4-0 dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U-2020, Jumat (8/11). Mereka kini memiliki satu pertandingan tersisa, yakni menghadapi Korea Utara, Minggu (10/11). Hasil imbang sudah cukup untuk memastikan David Maulana dkk untuk melaju ke turnamen yang akan digelar di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020.

Pada laga kedua kualifikasi, Garuda Nusantara sukses menang berkat gol-gol dari Bagas Kaffa, Fajar Fatur Rahman, David Maulana dan Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri. Sementara di pertandingan lainnya, Korut juga sukses menang dengan skor identik, 4-0.

Hasil ini membuat timnas berada di posisi pertama klasemen Grup K dengan 6 poin, unggul 2 poin dari Korea Utara. Dengan demikian, partai terakhir yang rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu pukul 19.00 WIB akan menjadi partai krusial bagi tim Merah Putih.

Pelatih timnas U-19, Fakhri Husaini mengaku telah memiliki gambaran kekuatan dari Korea Utara. Pelatih asal Aceh itu mengaku telah mengantongi kekuatan dan kelemahan pasukan Korea Utara yang diasuh oleh Pak Kyong-bong itu.

“Kami sudah mengetahui gambaran permainan Korea Utara. Rekaman pertandingan mereka juga ada. Itu tentu menjadi modal kami untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka," kata Fakhri Husaini seperti dilansir Antara, Sabtu (9/11).

Jelang Lawan Korea Utara, Fakhri Sudah Tahu Gambaran Lawan
Sumber: Antara

Fakhri menilai skuat asuhannya kini berada dalam motivasi tinggi guna memastikan diri sebagai pemuncak Grup K. Mantan pemain PKT itu mengaku akan memainkan para pemain yang berada dalam kondisi fit.

“Saya masih akan melihat sampai sejauh mana kecepatan pemulihan kondisi mereka. Beberapa pemain dalam kondisi kelelahan. Muhammad Fajar juga sempat sakit sebelum melawan Hong Kong. Itulah kenapa saya menggantinya di babak kedua, agar waktu istirahatnya lebih panjang,” ujar Fakhri menambahkan.

Baca Juga: Setelah Taklukkan Timor Leste, Timnas Siap Tempur Lawan Hong Kong

Sebelumnya, saat konferensi pers jelang kualifikasi pembuka, pelatih Korea Utara, Pak Kyong-bong juga mengaku telah mengetahui bahwa Indonesia akan menjadi salah satu penantang mereka untuk memuncaki grup. Pak Kyong-bong juga telah memiliki jurus khusus untuk mematikan umpan-umpan pendek ala Indonesia.

“Kami sudah analisis kekuatan Indonesia. Kami juga punya rencana taktik untuk menghadapi Indonesia di pertandingan nanti. Kami sudah berlatih keras. Tujuannya memenuhi target untuk lolos di babak grup dan mendapatkan hasil bagus kualifikasi,” ujarnya.

Perlu diketahui, hanya juara grup yang memastikan diri lolos ke putaran final. Sementara empat runner-up terbaik juga akan menyusul para juara grup, kecuali jika Uzbekistan yang juga ikut kualifikasi bisa finis sebagai juara grup atau runner-up. Dalam kondisi itu, maka lima runner-up terbaik juga akan langsung lolos, melihat hasil perbandingan dengan para grup lainnya.

Dengan poin enam sementara di peringkat tiga yakni Hong Kong hanya mengoleksi satu poin, maka timnas sebenarnya sudah mengunci posisi runner-up.

Dukungan Suporter

Fakhri juga meminta agar para suporter Indonesia mau mendukung perjuangan mereka di SUGBK mendatang. Menurutnya, anak asuhnya masih perlu dukungan, terlepas dari perbedaan pandangan suporter kepada federasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI.

“Para pemain masih anak-anak, rata-rata umurnya 17 tahun. Mereka membutuhkan dukungan. Mereka tidak salah apa-apa. Ada perbedaan yang jelas antara suporter yang mencintai sepak bola dan yang mencintai PSSI. Jika mencintai sepak bola, mereka tidak akan peduli soal organisasi,” ujar Fakhri.

Jelang Lawan Korea Utara, Fakhri Sudah Tahu Gambaran Lawan
Sumber: Antara

Meski demikian, dirinya yakin anak asuhnya akan tetap tarung habis-habisan kendati tidak ada suporter sekalipun. Apalagi besok bertepatan dengan 10 November atau Hari Pahlawan.

"Tidak akan berkurang semangat kami bahkan ketika tidak ada yang menonton," tutur Fakhri. Hal senada diucapkan oleh bintang timnas U-19, Amiruddin Bagas.

“Tentunya ingin agar suporter datang berbondong-bondong ke SUGBK untuk melihat perjuangan yang menentukan kami lolos ke Piala Asia U-19 2020 atau tidak. Namun, ada atau tidak ada suporter kami akan tetap bersemangat dan fokus," kata pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait