Jokowi Ajak LDII Tingkatkan Moderasi Beragama di Masyarakat | Cek&Ricek
Ilustrasi: Presiden Jokowi saat membuka Munas IX LDII secara virtual, dari Istana Negara Jakarta, Rabu (7/4/21). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Jokowi Ajak LDII Tingkatkan Moderasi Beragama di Masyarakat

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen untuk terus mendorong moderasi beragama di Indonesia. Ia melarang sikap intonerai dan kekerasan fisik maupun verbal dalam beragama.

“Sikap-sikap yang tidak toleran, apalagi yang disertai dengan kekerasan fisik maupun verbal harus hilang dari bumi pertiwi Indonesia. Sikap keras dalam beragama yang menimbulkan perpecahan dalam masyarakat tidak boleh ada di negeri kita yang kita cintai ini,” ujarnya saat memberikan smabutan Musyawarah Nasional (Munas) IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Rabu (7/4/21).

Jokowi juga meminta kehidupan keagamaan di Indonesia harus berpedoman kepada ajaran keagamaan yang sejuk, ramah, serta mengedepankan toleransi, bukan yang bersifat tertutup dan eksklusif.

“Beberapa kali sudah saya sampaikan di setiap sambutan, pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang bisa merusak sendi-sendi kebangsaan kita,” tutur Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi juga meminta organisasi keagamaan untuk  menghargai tradisi dan budaya lokal masyarakat Indonesia yang sangat beragam.

“Organisasi keagamaan harus menghargai tradisi dan budaya lokal masyarakat Indonesia yang sangat bineka, ramah dan terbuka terhadap keberagaman tradisi yang merupakan warisan leluhur kita, ramah dan terbuka terhadap seni dan budaya masyarakat lokal dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika kita sebagai bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Baca juga: Kunjungi LDII, Kapolri Bahas Dai Kamtibmas Hingga Moderasi Beragama


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait