Jokowi Bakal Umumkan Kenaikan Gaji PNS 16 Agustus | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Jokowi Bakal Umumkan Kenaikan Gaji PNS 16 Agustus

Ceknricek.com--Kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negara Sipil (PNS) tahun 2024 tengah digodok Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, Jokowi yang akan menyampaikan informasi tersebut secara langsung.Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai melalukan rapat kerja dengan Banggar DPR RI, Selasa (30/5/23).
"Kenaikan PNS Insyaallah sedang digodok dengan bapak Presiden, beliau mempetimbangkan," katanya kepada wartawan di Gedung DPR.

Sri Mulyani menambahkan, Jokowi akan menyampaikan kepastiannya pada saat menyampaikan Rancangan Undang-undang APBN 2024 di Nota Keuangan pada Agustus 2023 nanti.

"Nanti beliau yang akan mengumumkan di RUU APBN-nya, disampaikan," terangnya.

Dalam kesempatan berbeda, Sri Mulyani juga menerangkan keputusan soal kenaikan gaji ASN akan diumumkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Agustus 2023. Hal ini disampaikan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.Adapun pengumuman tersebut nantinya akan masuk ke dalam bahasan saat penyampaian terkait dengan rancangan Undang-Undangan (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

"Bapak Presiden akan menyampaikan RUU APBN 2024 pada tanggal 16 Agustus. Salah satu yang sedang kita hitung secara serius, detail adalah kenaikan ngaji ASN, TNI, Polri, dan Pensiunan," kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, isu terkait kenaikan gaji PNS muncul dari usulan yang disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Menurutnya selama ini terjadi ketimpangan tunjangan kinerja (tukin) bagi para PNS. Oleh sebab itu, daripada tukin yang besar dan tidak merata, ia mengusulkan agar gaji pokok PNS yang dinaikkan.

"Karena sekarang dipukul rata, tunjangan kinerja ini menjadi hak, ya kinerjanya begitu-begitu saja. Oleh karena itu, kita mengusulkan ada gaji yang agak dinaikkan, ini sedang dibahas bersama menteri keuangan," kata Anas dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/5/23) lalu.

Adapun gaji PNS sendiri belum pernah mengalami penyesuaian sejak 2019 silam. Artinya sudah empat tahun berturut-turut para abdi negara tak merasakan kenaikan gaji.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait