KAI Wajibkan Penumpang Pakai Masker di Stasiun dan Kereta | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

KAI Wajibkan Penumpang Pakai Masker di Stasiun dan Kereta

Ceknricek.com -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tetap mewajibkan seluruh penumpang menggunakan masker. Penggunaan masker harus dilakukan baik selama berada di area stasiun maupun selama perjalanan di dalam kereta api pada periode mudik Lebaran 2023.

"Iya, betul (wajib memakai masker) kecuali saat makan dan minum," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Minggu (16/4/23).

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) terbaru dari Kementerian Perhubungan Nomor 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19. Aturan tersebut juga mewajibkan para penumpang untuk menggunakan aplikasi Satusehat untuk pemeriksaan persyaratan perjalanan.

PT KAI juga mewajibkan para penumpang yang berusia 18 tahun ke atas untuk melengkapi vaksinasi ketiga atau booster. Sedangkan, para penumpang usia enam hingga 17 tahun wajib menyelesaikan vaksin kedua.

Pelanggan dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin maupun menunjukkan hasil negatif antigen dan PCR, tetapi wajib didampingi oleh orang yang memenuhi persyaratan perjalanan. Penumpang yang belum memenuhi persyaratan vaksin dapat mengunjungi posko layanan vaksin Covid-19 yang telah disediakan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Pada masa angkutan Lebaran 2023 yang dimulai dari 12 April hingga 3 Mei, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga satu juta tiket atau bangku kereta api jarak jauh, dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan 303 perjalanan KA tambahan yang tiketnya sudah dijual sejak 13 Maret 2023. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit, seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

PT KAI juga melayani penjualan tiket go show untuk pemesanan tiket dan perjalanan pada hari yang sama. Pemesanan dapat dilakukan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Adapun tiket yang dijual go show menyesuaikan dengan ketersediaan tiket pada aplikasi KAI Access. (Antara)


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait