Kapal Nelayan China Masih Bertahan di Laut Natuna | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Kapal Nelayan China Masih Bertahan di Laut Natuna

Ceknricek.com -- Kapal nelayan China ternyata masih bertahan di Laut Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (5/1). Kapal-kapal asing itu bersikukuh melakukan penangkapan ikan secara legal yang berjarak sekitar 130 mil dari perairan Ranai, Natuna.

"Mereka didampingi dua kapal penjaga pantai dan satu kapal pengawas perikanan China," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I TNI Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam konferensi pers di Pangkalan Udara TNI AL di Tanjungpinang, Kepri, Minggu (5/1).

Kepada Antara, Laksamana Yudo menegaskan bahwa TNI sudah melakukan gelar operasi dengan menurunkan dua unsur KRI guna mengusir kapal asing tersebut keluar dari Laut Natuna.

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR, Indonesia Jangan Terpancing Provokasi China

"Kami juga gencar berkomunikasi secara aktif dengan kapal penjaga pantai China agar dengan sendirinya segera meninggalkan perairan tersebut," katanya. Operasi tersebut, lanjut dia, tidak memiliki batas waktu sampai kapal China betul-betul angkat kaki dari wilayah maritim Indonesia.

"Fokus kami sekarang ialah menambah kekuatan TNI di sana. Besok akan kami gerakkan empat unsur KRI lagi untuk mengusir kapal-kapal itu," katanya.

Sampai saat ini, tindakan yang dilakukan TNI masih bersifat persuasif dengan memperingati kapal China bahwa mereka sudah menerobos sekaligus menangkap ikan secara ilegal di Laut Natuna. "TNI mengedepankan upaya damai dalam menangani persoalan ini," katanya.

Laksamana Yudo juga menyampaikan, berdasarkan pantauan TNI saat ini yang terdeteksi memasuki Laut Natuna hanya kapal nelayan China. Sementara kapal nelayan dari negara lain, seperti Vietnam, tidak berani lagi masuk ke zona tersebut.

BACA JUGA: Cek AKTIVITAS KEPALA DAERAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait