Karhutla Sebabkan Kabut Asap di Meulaboh Aceh Barat | Cek&Ricek
Foto kabut asap menyelimuti jalan Meulaboh-Tapaktuan di kawasan Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Rabu (17/7/19). Serambinews.com/Rizwan

Karhutla Sebabkan Kabut Asap di Meulaboh Aceh Barat

Ceknricek.com -- Kabut asap berasal dari lokasi kebakaran hutan dan lahan sejak Senin (1/3/21) pagi melanda Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, dan sekitarnya.

“Kabut asap ini berasal kebakaran lahan di kawasan Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mashuri, Senin (1/3/21) dikutip dari Antara.

Menurutnya, berdasarkan pemantauan di lapangan, kabut asap yang melanda daerah itu belum mengganggu aktivitas masyarakat, termasuk jarak pandang. Namun, masyarakat diimbau memakai masker mencegah gangguan asap.

"Guna menghindari gangguan kesehatan, BPBD Aceh Barat mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar tetap memakai masker," kata Mashuri.

Selain itu, kata Mashuri, BPBD Aceh Barat mengingatkan masyarakat menghindari atau menjauhkan diri dari gangguan kabut asap tersebut guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Kami terus memantau asap ini. Sedangkan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran lahan gambut di Desa Peunaga Cut Ujong masih terus dilakukan. Pemadaman melibatkan TNI, Polri, dan masyarakat," kata Mashuri.

Baca juga: Jumlah Titik Panas Indikasi Karhutla Meningkat Drastis di Riau

Baca juga: BMKG Sebut Tujuh Daerah di Provinsi Riau Rawan Karhutla


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait