Komponen Kapal Ditemukan, Panglima TNI: KRI Nanggala Menuja Fase Tenggelam | Cek&Ricek
Foto: Antara

Komponen Kapal Ditemukan, Panglima TNI: KRI Nanggala Menuja Fase Tenggelam

Ceknricek.com -- Pasca dinyatakan hilang kontak, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa KRI Nanggala-402 menuju fase tenggelam atau sub-sink. Hal itu dia ungkap usai komponen kapal dan tumpahan minyak ditemukan oleh petugas gabungan.

"Pagi dini hari tadi, merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di Nanggala selama 24 jam," demikian pernyataan Hadi yang disiarkan langsung, Sabtu (24/4/21).

Hadi menuturkan, unsur TNI AL menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti autentik KRI Nanggala-402 dikategorikan menuju fase tenggelam.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjelaskan serpihan yang ditemukan mengapung di perairan Bali diyakini sebagai komponen kapal selam Nanggala-402.

Berbagai serpihan yang ditemukan kata Yudo diantaranya, pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, botol berwarna oranye yang berfungsi pelumasan naik turun kapal selam dan alas yang biasa digunakan awak buah kapal (ABK).

"Ini tak akan terangkat apabila tidak ada tekanan atau keretakan," jelas Yudo.

KRI Nanggala-402 mengalami hilang kontak pada Rabu (22/4/21) sekitar pukul 03.00 WIB. Upaya pencarian kapal dilakukan dengan mengerahkan 21 KRI yang sebagian besar memiliki daya deteksi sonar untuk memetakan situasi di kedalaman dan dasar laut.

Sementara itu, TNI turut mendapat bantuan empat kapal dan satu unit alat deteksi bawah laut atau remote operation vehicle (ROV) dari kepolisian.

Basarnas juga mengerahkan dua unit kapal dan satu ROV untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402 yang mengangkut 53 penumpang.

Baca juga: Kadispenal: Fokus Operasi Pencarian KRI Nanggala di Dekat Celukan Bawang

Baca juga: Basarnas Tambah Satu Kapal Lagi untuk Cari KRI Nanggala


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait