Ilustrasi anak yang kuat. Foto: naturesway.com

Kuatkan Sistem Imun Anak Dengan Asupan Nutrisi Ini

Ceknricek.com - Imunitas merupakan sebuah sistem pertahanan yang melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dan dalam tubuh. Kekuatan sistem imun sejalan dengan kekuatan tubuh melawan penyakit, oleh karena itu imunitas tubuh harus benar-benar kuat.

Terlebih bagi bayi, balita, dan anak kecil yang dengan mudah dapat terserang penyakit-penyakit seperti flu, batuk, dan lain-lain. Mereka cenderung mudah terjangkit penyakit karena kekebalan tubuh yang lemah.


Untuk menguatkan kekebalan tubuh si kecil, Anda dapat memberikan beberapa jenis asupan nutrisi yang dapat meningkatkan kekuatan sistem imun berikut ini:


Vitamin A

Manfaat vitamin A tidak hanya untuk mata saja, sistem imun pun dapat dikuatkan dengan mengonsumsinya. Vitamin A berperan dalam peningkatan fungsi paru, usu, dan organ tubuh lain melawan serangan bakteri penyebab infeksi.

Vitamin A juga terlibat dalam produksi dan kerja sel darah putih, sehingga membantu mempertahankan tubuh terhadap patogen asing yang masuk ke tubuh. Beberapa sumber vitamin A yaitu ubi, wortel, alplukat, telur, ikan tuna, hati dan daging sapi, bayam, selada, dan brokoli.


Vitamin B

Vitamin ini terbagi menjadi 8 jenis, dan beberapa di antaranya memiliki peran penting dalam pembentukan sistem imun tubuh. Misalnya vitamin B6, B9, dan B12. Vitamin B12 berfungsi membantu sel darah putih untuk bekerja lebih baik melawan zat asing seperti bakteri dan virus. Vitamin B6 memiliki peran untuk membuat tubuh dapat menyerap vitamin B12. Vitamin B9 atau dikenal juga dengan asam folat memiliki fungsi penting untuk mencegah tubuh terkena penyakit infeksi.

Kandungan vitamin B dapat ditemukan pada daging merah, unggas, ikan, telur, kentang, buncis, sereal, jeruk, keju, susu, dan kedelai.


Vitamin C

Vitamin ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang menangkal efek buruk dari radikal bebas. Polusi, asap rokok, makanan, dan minuman merupakan beberapa sumber radikal bebas. Tidak hanya itu, tubuh memproduksi radikal bebas dari sisa metabolisme. Agar tidak berdampak buruk, radikal bebas harus diredam dengan menggunakan antioksidan.

Vitamin C juga membantu produksi sel darah putih yang merupakan pasukan sistem imun tubuh. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah-buah asam seperti jeruk, lemon, mangga, stroberi, nanas, kiwi, dan tomat. Selain itu, sayur-sayuran berupa bayam, kentang, brokoli, kembang kol, dan kubis.


Zat Besi

Zat ini mengaktifkan sel B dan sel T pada sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menyerang zat-zat asing. Zat besi juga menurunkan dan mencegah peradangan di dalam tubuh yang sering timbul akibat infeksi. Beberapa sumber zat besi antara lain daging dan hati sapi, daging ayam, serta sayur-sayuran berdaun hijau.

Protein

Kandungan satu ini terdiri dari asam amino yang sangat penting untuk pembentukan sel-sel baru dan peningkatan sistem kekebalan tubuh pada anak. Sumber protein terbagi menjadi 2 yakni protein hewani dan nabati. Protein hewani didapatkan dari beberapa sumber seperti daging merah, daging ayam, daging ikan, telur, susu, dan keju. Sumber protein nabati antara lain, tahu, tempe, dan kacang-kacangan seperti kedelai dan polong.