Legenda Musisi Jazz Ellis Marsalis Meninggal Akibat Covid-19 | Cek&Ricek
Foto: Gettyimages

Legenda Musisi Jazz Ellis Marsalis Meninggal Akibat Covid-19

Ceknricek.com -- Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia setelah berjuang melawan pneumonia yang disebabkan virus korona baru atau Covid-19. Pianis Jazz asal New Orleans itu meninggal dunia di usianya yang ke-85 tahun.

"Pneumonia adalah penyebab kematiannya. Tapi itu disebabkan Covid-19," kata putra bungsu Marsalis, Ellis Marsalis III  dikutip TIME, Jumat, (3/4) sebagaimana diwartakan Antara.

Ellis III mengatakan dia berkendara dari Baltimore, Amerika Serikat pada hari Minggu agar bisa bersama sang ayah saat dia dirawat di rumah sakit.

"Aku bersamanya di rumah sakit selama enam atau tujuh jam kemarin. Branford menemaninya pada Senin, aku kemarin dan Jason bersamanya hari ini. Dia meninggal dunia pas Jason pergi," kata Ellis III.

Wali kota New Orleans LaToya Cantrell mengumumkan kematian sang musisi lewat sebuah keterangan pada Rabu (1/4) malam.

"Ellis Marsalis adalah seorang legenda. Dia purwarupa saat kita membicarakan soal New Orleans jazz," kata Cantrell yang menyebut sosok Marsalis sebagai seorang guru, ayah dan ikon.

Baca juga: Penulis Lagu 'I Love Rock 'N Roll' Meninggal Akibat Virus Corona

Marsalis lahir di New Orleans dan merupakan putra dari operator sebuah hotel tempatnya bertemu dengan musisi-musisi kulit hitam yang sedang tur, yang tidak dapat menginap di hotel-hotel di pusat kota yang mereka tonton.

Dia bermain saksofon di sekolah menengah tetapi juga bermain piano saat dia meelanjutkan kuliah ke Universitas Dillard.

Meskipun New Orleans penuh dengan jazz tradisional, dan rock 'roll', Marsalis lebih menyukai bebop dan jazz modern. Tapi dia main RnB dan soul and rock and roll di Bourbon Street untuk menafkahi keluarga.

Tahun 1986 ia pindah ke Virginia Commonwealth University di Richmond sebagai koordinator Studi Jazz, sebuah jabatan yang dipegangnya hingga 1989 ketika Universitas New Orleans (UNO) memikatnya kembali untuk membuat program studi jazz di rumah.

Marsalis pensiun dari UNO pada tahun 2001, tetapi terus tampil, terutama di Snug Harbor di New Orleans, sebuah klub jazz kecil yang berlabuh di panggung jazz kontemporer kota - sering mendukung musisi muda yang memiliki janji.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait