Sumber: Getty Images

Lima Tim Susul Belgia ke Euro 2020

Ceknricek.com -- Babak kualifikasi Piala Eropa 2020 mulai memasuki etape terakhir. Hingga matchday 8, sudah enam tim melenggang lolos ke putaran final Euro 2020. Sebelumnya, Belgia menjadi tim pertama yang lolos, usai melumat San Marino 9-0, Kamis pekan lalu.

Lima tim lainnya dipastikan menyusul Belgia. Mereka ialah Italia, Rusia, Polandia, Ukraina, dan Spanyol. Kelima tim ini sendiri bukan merupakan debutan di ajang empat tahunan itu.

Italia telah memastikan diri sebagai juara Grup J. Kepastian ini diperoleh  usai menggebuk tim dewa-dewi Yunani 2-0, pada pertandingan yang digelar di Stadion Olimpico, Sabtu (12/10). Lolosnya Italia sekaligus mengobati kekecewaan mereka yang gagal lolos Piala Dunia 2018 lalu.

Sumber: Getty Images

“Saya sangat bangga atas kualifikasi yang lebih cepat ini. Jangan lupakan dimana kita 15 bulan lalu. Para pendukung pasti menyukai momen ini,” kata pelatih Italia, Roberto Mancini.

“Kami sangat senang karena bermain dengan sangat baik, tapi kami masih harus bekerja keras untuk menjadi tim terbaik di Eropa. Kami berada di jalur yang benar,” tambah mantan pelatih Inter Milan itu.

Sementara itu, tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia juga telah memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020. Kepastian ini didapatkan melalui kemenangan 5-0 di kandang Siprus, Minggu (13/10). Denis Cheryshev dkk kini tinggal bersaing dengan Rusia untuk menjuarai Grup I.

Sumber: Getty Images

Polandia menjadi tim keempat yang lolos ke Euro 2020. Pada pertandingan kedelapan di kualifikasi Grup G, Robert Lewandowski dkk sukses menuntaskan perlawanan Makedonia Utara 2-0, Minggu (13/10). Euro 2020 akan menjadi keikutsertaan keempat bagi Polandia di turnamen yang mulai bergulir sejak 1960 itu.

Sumber: Getty Images

Ukraina dan Spanyol

Kejutan juga hadir di Grup B, kala Ukraina sukses meraih tiket otomatis usai mengalahkan Portugal 2-1, Senin (14/10). Tim yang kini dilatih mantan legenda timnas Ukraina dan AC Milan, Andriy Shehvcenko itu bahkan memastikan diri sebagai juara grup.

Sumber: Getty Images

“Saya merasa bahagia untuk tim, untuk pendukung bahwa kami sukses melalui kualifikasi. Fase ini tidak mudah, kami bermain melawan tim-tim hebat. Saya senang karena tiga tahun terakhir Ukraina begitu subur menghasilkan bakat-bakat terbaik. Saya senang untuk seluruh rakyat Ukraina dan tim,” ujar Shevcenko.

Baca Juga: Inggris Kalah dari Ceko, Nama Wasit Jadi Sorotan

Tim terakhir yang memastikan lolos di matchday 8 ialah Juara Eropa 2008 dan 2012, Spanyol. Tim Matador dipastikan lolos dari Grup F sebagai juara grup atau runner-up usai menahan imbang tuan rumah Swedia, Selasa (15/10) atau Rabu (16/10) dini hari WIB.

Sayang, lolosnya Spanyol ke Euro 2020 harus dibayar dengan cedera yang dialami kiper andalannya, David De Gea. Penjaga gawang Manchester United itu mengalami cedera hamstring dan digantikan oleh Kepa Arrizabalaga pada menit 60.

Sumber: Getty Images

“Kami menghasilkan pertandingan yang bagus. Kami mencetak peluang namun tidak berhasil menjadi gol. Yang penting kami lolos. De Gea melakukan penyelamatan gemilang, sesuai dengan kemampuannya. Di babak kedua dia mau melanjutkan permainan, namun cedera,” kata pelatih Spanyol, Robert Moreno.

Pelatih Spanyol berusia 42 tahun itu sendiri baru menangani La Furia Roja, julukan Spanyol usai pelatih sebelumnya, Luis Enrique mengundurkan diri karena ingin fokus menemani putrinya yang sakit.

Matchday 9 dan 10 akan menjadi pertandingan terakhir di fase kualifikasi. Pertandingan ini akan digelar pada 14-16 November dan 17-19 November. Hanya dua tim teratas yang berhak lolos ke putaran final secara otomatis.

Sekadar informasi, untuk turnamen Euro 2020 akan diselenggarakan di 12 negara selama fase grup. Sementara final rencananya akan digelar di London, Inggris, 12 Juli 2020.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait